manfaat buah kurma untuk ibu menyusui agar bayi menjadi sehat

5 Manfaat Dahsyat Buah Kurma Untuk Ibu Menyusui

Manfaat buah kurma untuk ibu menyusui – Ketika berbicara tentang kurma pastilah fikiran kita langsung tertuju pada bulan Ramadhan. Ya benar sekali, kurma biasanya menjadi menu andalan ketika berbuka puasa. Buah yang terkenal tumbuh di Negara timur tengah ini ternyata memiliki segudang manfaat, salah satunya adalah manfaat buah kurma untuk ibu menyusui.

Ternyata, kurma tidak hanya bermanfaat untuk orang ketika sedang berpuasa saja, akan tetapi juga dapat bermanfaat untuk ibu menyusui. Kandungan yang terdapat dalam buah kurma sangat baik untuk menjaga metabolisme tubuh ibu dan bayi.

Manfaat Buah Kurma untuk Ibu Menyusui

1. Melancarkan ASI

Ternyata kurma bisa digunakan untuk melancarkan ASI. Vitamin A yang terkandung dalam buah kurma ini sangat bagus untuk produksi ASI yang berkualitas.

Para ibu tentunya menginginkan ASI yang lancar untuk buah hatinya. Mengingat pemberian ASI adalah hal yang paling utama untuk si bayi hingga ia berumur 2 tahun, maka sangat penting untuk tetap menjaga agar ASI selalu lancar.

Untuk itu, manfaat buah kurma untuk ibu menyusui adalah cara yang terbaik untuk mengatasinya.

2. Mengecilkan Perut dan Rahim

Setelah melahirkan pastinya akan mengalami masa dimana perut perlu penyesuaian untuk kembali seperti semula. Dalam hal ini, kurma sangat berpotensi untuk mengecilkan perut dan rahim yang terlihat besar setelah melahirkan.

Hal ini karena kandungan hormone potuchsin yang terdapat dalam kurma mampu mengecilkan pembuluh darah yang mana nantinya akan berdampak pula pada pengecilan perut dan juga dinding rahim.

3. Dapat mengembalikan energi setelah melahirkan

Setelah melahirkan tentunya energi akan terkuras sangat banyak. Terkurasnya energi saat melahirkan dapat dipulihkan kembali dengan mengkonsumsi kurma.

Kurma mengandung lebih dari 50% glukosa dan 2-4% serat yang berfungsi membantu mengembalikan energi. Itulah alasan mengapa banyak orang mengkonsumsi kurma ketika berbuka puasa, karena memang kurma dipercaya dapat mengembalikan energi kita setelah berpuasa.

Untuk itu ibu menyusui disarankan mengkonsumsi kurma setelah melahirkan, agar ketika menyusui energi dapat pulih kembali.

4. Mencegah Anemia

Manfaat buah kurma untuk ibu menyusui ini mampu mengantisipasi penyakit anemia. Hal ini disebabkan karena ibu menyusui biasanya sering begadang dan kurang memperhatikan kecukupan tidurnya.

Inilah yang menyebabkan penyakit anemia mudah menyerang pada ibu menyusui.

Selain itu ketika sedang berpuasa, maka biasanya ibu menyusui akan terlihat lemas karena memang harus berbagi cadangan makanan dengan si kecil melalui ASI. Untuk itu Kandungan vitamin B yang terdapat dalam kurma dapat membantu pembentukan sel darah merah sehingga dapat menghindari risiko terkena penyakit anemia.

5. Menjaga Daya Tahan Tubuh

Agar si bayi tetap sehat, maka sang ibu pun juga harus senantiasa menjaga kesehatannya. Karena cerminan anak sehat itu pasti berawal dari sang ibu.

Jika sang ibu tidak sehat, mungkinkah si bayi akan sehat? Tentunya, kecil kemungkinan hal itu bisa terjadi, karena kesehatan sang ibu akan berdampak pula pada kesehatan si bayi.

Untuk itu, ibu menyusui perlu mengkonsumsi makanan yang bernutrisi. Seperti halnya kurma, dalam buah kurma mengandung tannin yang berfungsi sebagai anti infeksi dan menjaga daya tahan tubuh.

Selain itu di dalam buah kurma juga mengandung enzim-enzim penangkal racun serta antioksidan yang berfungsi untuk sistem kekebalan tubuh.

Itulah beberapa manfaat buah kurma untuk ibu menyusui. Bagi ibu menyusui sekarang tidak perlu khawatir lagi akan hambatan-hambatan ketika menyusui.

Dengan mengkonsumsi kurma, ibu dapat memberikan ASI-nya secara eksklusif kepada si bayi tanpa takut dengan masalah yang ditimbulkan.