manfaat buah kurma saat sahur untuk kesehatan

Banyaknya Manfaat Buah Kurma Saat Sahur

Manfaat Buah Kurma Saat Sahur – Buah kurma merupakan jenis buah-buahan kering yang sangat dikenal oleh masyarakat Indonesia. Buah ini banyak di pasaran terutama pada bulan Ramadhan dimana sebagian besar masyarakat menjalankan ibadah puasa.

Buah kurma memiliki rasa yang manis sehingga sering kita temui buah ini dihidangan saat berbuka puasa. Namun, tahukah Anda bila pada saat sahur pun kita juga bisa mengkonsumsinya?

Pada saat sahur maupun berbuka puasa, sangat baik bila mengkonsumsi buah kurma sebab buah ini kaya akan kandungan nutrisi yang dapat membuat tubuh segar selama menjalankan puasa seharian.

Kandungan gizi dalam buah kurma sangat cepat dicerna dan diserap tubuh, sehingga dapat dirasakan secara langsung oleh tubuh bila kita mengkonsumsinya secara rutin. Oleh karena itu, buah ini sering disebut juga sebagai excellent source.

Gizi yang terkandung dalam buah kurma sangat cukup untuk menggantikan asupan nutrisi makanan kita. Manfaat buah kurma saat sahur sama seperti pada waktu berbuka.

Manfaat yang bisa dirasakan dari buah kurma dikarenakan kandungan nutrisi yang lengkap didalamnya.

Berdasarkan penelitian pada 100 gram sari buah kurma, besar nutrisi-nutrisi didalamnya, yaitu; 290 kalori energi, 17 gr karbohidrat, 3,3 gr protein, 0,45 gr lemak, 8 gr serat, 41 gr glukosa, 29 gr thiamin, 21 gr air, 32 mg kalsium, 35 mg magnesium, 652 mg potassium, 0,288 mg copper 2,6 mg zat besi, 40 mg fospor, 3 mg sodium, 0,298 mg manganese, 1,9 mg selenium, 50 IU Vitamin A, 10,03 mg Vitamin B, 3 0,06 mg Vitamin B, 0,192 mg Vitamin B6, 3 mg Vitamin C, 0,1 mg Vitamin E, 0,09 mg thiamin, 0,1 mg riboflafin, 2,2 mg niacin, 0,78 mg panthotenic, 13 mcg folate.

Dari situlah dapat diketahui manfaat yang bisa didapatkan dari buah kurma dari berbagai fungsi nutrisi didalamnya.

Bagi orang yang menjalankan puasa, manfaat buah kurma saat sahur, yaitu :

Meningkatkan ketahanan tubuh selama berpuasa.

Meningkatkan energi dan stamina dengan seketika.

Menormalkan tekanan darah.

Menjaga kesehatan jantung, pembuluh darah, serta membuat denyut jantung lebih teratur dan seimbang.

Mengatasi kekurangan zat besi.

Melancarkan sistem pencernaan.

Mencegah dan mengobati peradangan usus dan sakit maag.

Kandungan nutrisinya baik untuk cairan tubuh dan merangsang ginjal mengeluarkan sampah-sampah racun metabolisme.

Serat larutnya berfungsi baik membersihkan usus dan sebagai prebiotik guna mendukung pertumbuhan bakteri baik dalam sistem pencernaan.

Itulah manfaat buah kurma saat sahur.

Mengkonsumsinya setiap waktu sahur dan berbuka akan sangat baik untuk kesehatan kita selama menjalankan puasa.

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga dapat bermanfaat.