Beberapa Manfaat Buah Kurma Menurut Islam

Manfaat Buah Kurma Menurut Islam – Dengan buah kurma tentunya sudah tak asing lagi terdengar di telinga banyak orang. Buah tersebut ialah buah khas negara Timur Tengah yang begitu populer apalagi saat memasuki bulan Ramadhan.

Pohon kurma yang bernama latin disebut Phoenix dactylifera tersebut ialah salah satu pohon yang tahan pada daerah yang bergurun pasir. Buah tersebut ternyata telah dikembangkan kira–kira lebih dari 8000 tahun lalu terutama ada di negara Babilonia.

Pohon kurma yang termasuk dari famili tumbuhan palmae tersebut ternyata bisa tumbuh sampai setinggi 30 meter.

Allah Subhanahu Wa Ta’ala sudah menganjurkan buah tersebut dibandingkan dengan buah yang lain. Hal tersebut, bisa Anda lihat sendiri firman Allah Subhanahu Wa Ta’ala pada Alquran yang tercantum di surat Ar-Rahman ayat 11, Ar-Ra’du ayat 4, dan juga Maryam ayat 25-26.

Ada seorang ahli tafsir yang bernama Ibnu Katsir Rahimahullah telah menjelaskan tentang isi di dalam surat–surat tersebut bila tiada sesuatu yang lebih baik pada perempuan nifas terkecuali kurma kering serta kurma basah.

Lalu sementara itu, Rasulullah Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wasallam sangatlah menganjurkan jika buah kurma tersebut supaya dikonsumsi ketika berbuka puasa.

Berikut ini penjelasan mengenai kebaikan dari buah kurma, maupun Manfaat Buah Kurma Menurut Islam.

Yang pertama dengan memakan 7 buah kurma bisa menjadi penangkal racun dan juga sihir. Di dalam hadist shahih Al-Buchori dan Muslim, yang telah diriwayatkan oleh Saad bin Abi Waqash, dari Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wasallam yang bersabda “Barang siapa yang mengkonsumsi buah kurma ajwah di pagi hari, maka pada hari itu pula, ia tak dapat terkena racun maupun sihir.”

Buah kurma ajwah ialah jenis kurma yang asalnya dari Madinah serta termasuk jenis buah kurma yang terbaik. Selain itu, buah kurma ajwah ialah buah kurma dari surga. Menurut sabda Rasulullah Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wasallam ” Buah kurma ajwah ini dari surga dia merupakan obat dari racun “(HR. Ibnu Majah).

Yang kedua buah kurma dapat mencegah pemiliknya itu dari kelaparan, hal tersebut sesuai hadist Rasul yang menjelaskan bila rumah yang tak ada tamr maupun kurma kering di dalamnya, maka membuat penghuninya kelaparan (HR. Muslim).

Selain itu hadist lainnya menjelaskan bila rumah yang tak ada tamr maupun kurma kering di dalamnya, seperti sebuah rumah tanpa makanan didalamnya (HR. Ibnu Majah) kurang lebih itulah manfaat buah kurma menurut islam, kita bisa mengambil kesimpulan bila Alquran dan juga hadist menganjurkan berbuka puasa dengan buah kurma karena memang baik bagi kesehatan, hal tersebut telah dibuktikan oleh penelitian medis mengenai nutrisi yang terkandung di dalam buah kurma.

Demikianlah ulasan mengenai Manfaat Buah Kurma Menurut Islam yang dapat anda ketahui dan dapat menjadi tambahan pengetahuan Anda. Semoga bermanfaat.