Manfaat Buah Kurma Saat Hamil

Berbagai Manfaat Buah Kurma Saat Hamil Yang Perlu Diketahui Oleh Wanita Hamil

Manfaat Buah Kurma Saat Hamil – Buah kurma merupakan buah yang aslinya berasal dari Timur Tengah. Buah ini diketahui sangat bagus untuk kesehatan.

Buah yang mempunyai rasa manis ini memiliki bentuk lonjong dengan ukuran kira-kira 2–7,5 cm. Warnanya bermacam-macam, diantaranya cokelat, cokelat gelap, kemerahan, putih, dan kuning muda.

Buah kurma ini merupakan kombinasi alamiah antara makanan sebagai sumber energi dan sumber zat-zat gizi penting. Sebab, kurma mengandung berbagai macam karbohidrat, vitamin, dan mineral yang bila dikonsumsi dapat memberikan banyak manfaat. Pada kesempatan kali ini, kita akan memberikan ulasan khusus mengenai manfaat buah kurma saat hamil.

Seperti yang disebutkan diatas, buah kurma kaya akan kandungan mineral. Zat mineral yang ada pada buah kurma, yaitu kalsium, fosfor, kalium, belerang, zat besi, mangan, tembaga, natrium, khlor, magnesium, seng, khrom, yodium, kobalt, dan fluor.

Kandungan mineral yang ada dalam buah kurma dapat memenuhi kebutuhan mineral tubuh, terutama pada wanita yang sedang hamil. Kurma dapat dijadikan solusi praktis terapi suplementasi zat besi dan mineral selama masa kehamilan. Mengkonsumsi kurma lebih baik bila dibandingkan dengan metode suplementasi zat besi dalam bentuk tablet bagi wanita hamil yang bisa menimbulkan berbagai efek samping, misalnya seperti mual, sakit kepala, dan hilangnya nafsu makan.

Keuntungannya lagi bila mengkonsumsi kurma, zat-zat yang ada pada kurma lebih mudah diserap tubuh dengan adanya glukosa, fruktosa dan vitamin C dalam kurma yang dapat membantu absorpsi zat besi oleh tubuh.

Manfaat buah kurma saat hamil juga bisa didapatkan dari kayanya kandungan vitamin dalam buah kurma yang meliputi; pro-vitamin A (beta carotene), thiamin atau vitamin B1, riboflavin atau vitamin B2, vitamin B6, vitamin C, vitamin K, zat biotin, asam folat, retinol equivalent, nicotinamide, dan asam pantotenat.

Berdasarkan penelitian, dalam setiap 100 gram buah kurma kering mengandung 90 IU vitamin A, 93 mg tiamin, 114 mg riboflavin, 2 mg niasin, 667 mg kalium, 20% protein, dan 3% lemak. Dari banyaknya kandungan nutrisi yang ada pada buah kurma tersebut, maka tak heran ada banyak sekali yang bisa didapatkan dari manfaat buah kurma saat hamil.

Untuk pertumbuhan janin dan kesehatan selama masa kehamilan, manfaat buah kurma yaitu;

Memberikan energi tercepat, sebab kandungan gula alaminya mudah terurai dalam tubuh dan tidak akan mempengaruhi kadar gula darah.

Pada masa kehamilan, sang ibu dan janin membutuhkan protein yang cukup guna membangun dan membentuk sel tubuh ibu dan janin. Kandungan protein dalam kurma dapat memenuhi kebutuhan jumlah protein yang diperlukan.

Kandungan serat dalam buah kurma dapat membantu menjaga sistem pencernaan yang sehat dan menangani masalah sembelit dalam kehamilan, mengurangi kadar kolesterol, melindungi dari infeksi, serta dapat memberikan perasaan kenyang untuk waktu yang lama.

Kandungan asam folat di dalamnya berperan dalam pembentukan sel-sel baru dan mencegah anemia, serta membantu mencegah cacat lahir berbahaya yang dapat merusak otak dan sumsum tulang belakang bayi.

Vitamin K berperan penting dalam pembekuan darah dan membantu dalam perkembangan tulang yang kuat pada bayi.

Kalium berperan dalam mengontrol tekanan darah dan menjaga keseimbangan air selama kehamilan.

Itulah berbagai manfaat buah kurma saat hamil. Semoga bermanfaat.