manfaat buah kurma setelah melahirkan

Inilah Manfaat Buah Kurma Setelah Melahirkan Bagi Wanita Yang Jarang Diketahui

Manfaat Buah Kurma Setelah Melahirkan – Buah kurma, atau yang nama latinnya Phoenix Dactylifera merupakan buah yang memiliki rasa manis khas yang berasal dari daerah Timur Tengah.

Tanaman kurma memiliki berbagai jenis spesies dan lebih dari 14 jenis buah-buahannya. Buah kurma dikenal memiliki banyak manfaat bagi kesehatan karena kaya akan kandungan nutrisi.

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan pada 100 gram buah kurma, kandungan nutrisi yang ada dalam buah kurma, yaitu; air, protein, karbohidrat, serat, gula, lemak, energi, MUFA, PUFA, kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, sodium, seng, vitamin A, Vitamin B1 (tiamin), vitamin B2 (riboflavin), vitamin B3 (niasin), vitamin B5 (asam pantotenat), vitamin B6 (piridoxin), vitamin B9 (folat), vitamin B12, vitamin C, vitamin E, vitamin K, serta fitonutrisi (betakaroten, beta kriptoxantin, lutein dan zeaxantin, likopen).

Selain bermanfaat dikonsumsi oleh anak-anak hingga lanjut usia, ternyata ada pula manfaat buah kurma setelah melahirkan bagi wanita.

Menjalani proses melahirkan merupakan saat-saat yang berat bagi wanita, sebab banyak tenaga dan darah yang dikeluarkan, sehingga biasanya wanita yang selesai melahirkan kondisi tubuhnya terasa lemas.

Dengan mengkonsumsi buah kurma, adapun manfaat buah kurma setelah melahirkan yang bisa dirasakan, yaitu: membantu menstabilkan kondisi sang ibu dan mengembalikan nutrisinya, menambah stamina tubuh, membantu menghilangkan rasa sakit, memenuhi kebutuhan tubuh akan serat, merangsang kontraksi otot, menurunkan tekanan darah, mencegah anemia, membantu menjaga kesehatan sistem syaraf, dan dapat membantu meningkatkan produksi ASI sebab kaya akan kandungan zat oksitosin yang mampu meningkatkan produksi ASI.

Dalam mengkonsumsi buah kurma bagi wanita setelah melahirkan tidak ada batasannya, sebab mengkonsumsi buah kurma tidak memerlukan resep dokter sebagaimana obat maupun suplemen tambahan lainnya.

Mengkonsumsi buah kurma ini aman bagi kesehatan dan tidak menyebabkan efek samping. Selain dapat dimakan secara langsung, wanita setelah melahirkan dapat mengkonsumsi buah kurma dalam produk sari kurma dan madu kurma.

Untuk produk sari kurma malah sangat dianjurkan agar sering dikonsumsi oleh wanita pada masa kehamilan, persalinan, dan juga selama menyusui.

Manfaat tambahan yang bisa didapatkan, yaitu dapat meningkatkan kembali otot-otot seksual dan mempercepat pemulihan tubuh setelah sakit.

Produk sari kurma banyak ditemukan di pasaran. Akan tetapi, untuk membuatnya sendiri pun juga bisa dengan memblender 500 gr buah kurma dengan 5 gelas air.

Sari kurma ini dapat diminum setiap jam. Sedangkan, untuk produk madu kurma juga bisa didapatkan di pasaran.

Madu kurma ini juga memiliki manfaat yang sama dengan buah kurma, seperti untuk meningkatkan stamina, menormalkan tekanan darah, menyehatkan jantung, dan juga melancarkan pencernaan.

Itulah sekiranya yang dapat disampaikan mengenai manfaat buah kurma setelah melahirkan yang jarang diketahui. Semoga dapat bermanfaat bagi pembaca sekalian.