kandungan gizi dan manfaat buah kurma untuk tubuh

Kandungan Gizi Dan Manfaat Buah Kurma

Kandungan Gizi Dan Manfaat Buah Kurma – Semua orang tentu saja kenal dengan buah kurma. Di beberapa negara termasuk Indonesia, kurma seringkali dijadikan sebagai makanan pembuka saat puasa Ramadhan.

Kurma bisa disajikan dalam berbagai bentuk mulai dari buah yang sudah dikeringkan, buah segar ataupun diolah menjadi sirup dan juga dipadukan dengan masakan yang lain. Bukan saja rasanya yang manis, buah kurma pun mempunyai banyak gizi dan nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan.

Kandungan gizi kurma sangatlah beragam. Karbohidratnya cukup tinggi dan sebagian besar berasal dari gula yang alami seperti glukosa, fruktosa dan juga sukrosa.

Di dalam buah kurma terdapat setidaknya 15 mineral dan yang paling menonjol adalah magnesium dan potasium (kalium). Sedangkan beberapa mineral lainnya yaitu kobalt, tembaga, boron, kalsium, zat besi, fluorin, fosfor, mangan, selenium, sodium dan seng.

Protein di dalam buah ini mengandung 23 tipe asam amino seperti oleat, asam palmitoleat, linolenat dan linoleat. Kurma juga dilengkapi dengan berbagai macam vitamin mulai dari vitamin C hingga vitamin B kompleks.

Kurma juga memiliki senyawa antioksidan seperti beta karoten, tannin, zea-xanthin dan lutein. Dengan banyaknya kandungan gizi pada buah kurma maka tentu saja manfaat yang diberikannya cukup banyak, diantaranya yaitu:

1. Mengatasi Rabun Senja

Defisiensi vitamin A akan menyebabkan rabun senja dan mengganggu penglihatan. Kurma memiliki senyawa antioksidan dan kandungan vitamin A dalam jumlah yang sedang yang baik untuk penglihatan, khususnya zea-xanthin.

Kurma bisa kita jadikan obat tradisional untuk mengatasi rabun senja. Sebaiknya dimanfaatkan dengan cara mengkonsumsi secara langsung atau menumbuk daunnya dan diubah menjadi obat oles.

2. Meningkatkan Berat Badan

Tingginya gula alami dan kalori dalam kurma membuatnya baik dikonsumsi oleh mereka yang ingin meningkatkan berat badan. Tidak seperti junk food, kurma ini membantu meningkatkan berat badan karena dilengkapi dengan berbagai vitamin, mineral dan juga antioksidan.

Anda bisa memasukkan 5-6 kurma segar dalam pola makan Anda sehari-hari dan sebaiknya pilih kurma yang sudah dikeringkan karena mengandung kalori lebih tinggi.

3. Mengatasi Gangguan Usus

Tidak hanya mengandung serat pangan saja, kandungan nikotin yang ada dalam kurma dipercaya berkhasiat mengatasi gangguan usus. Konsumsilah kurma secara teratur untuk menstimulasi pertumbuhan bakteri baik dan menghambat perkembangan organisme pengganggu dalam usus.

Kurma juga mengandung 20 macam asam amino lebih yang akan melancarkan pencernaan serta meningkatkan penyerapan berbagai nutrisi oleh tubuh.

4. Menghindarkan Penggumpalan Darah

Kurma kaya akan kandungan asam salisilat yang berperan menghindar penggumpalan darah dan juga mengatur tekanan darah. Darah yang menggumpal sangat berbahaya untuk kesehatan karena akan mengakibatkan kemungkinan penyakit jantung dan stroke.

Nah itu tadi sekilas tentang Kandungan Gizi Dan Manfaat Buah Kurma yang patut Anda ketahui. Semoga bermanfaat.