Kandungan Nutrisi Dan Manfaat Buah Kurma Saat Hamil Muda

Kandungan Nutrisi Dan Manfaat Buah Kurma Saat Hamil Muda

Manfaat Buah Kurma Saat Hamil Muda – Apakah Anda sedang hamil muda? Bila iya, berarti Anda pasti sedang mengalami kondisi yang mana sering dialami oleh para wanita saat sedang hamil muda, seperti tidak enak badan, lemas, sering mual-mual, sembelit, dan lain sebagainya.

Bila seperti itu berarti Anda perlu mengkonsumsi makanan yang sangat baik untuk menjaga kandungan anda hingga nanti waktunya melahirkan. Sebab, bila kondisi seperti yang disebutkan itu terus terjadi maka dapat menurunkan kondisi tubuh sang calon ibu yang mana bisa menyebabkan keadaan buruk yang dapat terjadi.

Salah satu makanan yang dapat direkomendasikan yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil muda adalah buah kurma. Mengapa buah kurma? Sebab, ada banyak sekali manfaat buah kurma saat hamil muda.

Mungkin, buah kurma memang bukan barang asing lagi bagi Anda. Buah ini banyak ditemukan di Indonesia terutama pada saat bulan puasa.

Banyaknya manfaat buah kurma saat hamil muda bisa dirasakan dikarenakan buah kurma memiliki kandungan nutrisi dan gizi yang sangat lengkap. Dalam buah kurma, terdapat komponen karbohidrat yang berfungsi sebagai penyuplai energi tubuh.

Zat karbohidrat pada buah kurma terdiri dari glukosa, sukrosa, fruktosa, dan sejumlah kecil polisakarida (cellulose dan pati), sejumlah kecil senyawa-senyawa turunan karbohidrat seperti pektin, dan juga serat kasar.

Kandungan zat-zat tersebutlah yang dapat memberikan tenaga bagi wanita yang sedang hamil muda dan menghindarkan masalah sulit buang air besar.

Kandungan nutrisi yang lainnya, yaitu : air, protein, lemak, energi, MUFA, PUFA, kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, sodium, seng, vitamin A, Vitamin B1 (tiamin), vitamin B2 (riboflavin), vitamin B3 (niasin), vitamin B5 (asam pantotenat), vitamin B6 (piridoxin), vitamin B9 (folat), vitamin B12, vitamin C, vitamin E, vitamin K, serta fitonutrisi (betakaroten, beta kriptoxantin, lutein dan zeaxantin, likopen).

Manfaat buah kurma saat hamil muda lainnya, yaitu:

Mencegah risiko anemia

Membantu mengatasi morning sickness (mual-mual di pagi hari)

Mengontrol tekanan darah dan mengatur kadar gula darah

Membantu mengembalikan kalsium yang hilang selama kehamilan

Menghilangkan racun-racun berbahaya dan mendukung sistem kekebalan tubuh.

Zat hormon biostin pada buah kurma memiliki fungsi sebagai penggerak peristaltik di dalam jaringan darah dan rahim wanita, sehingga sangat baik dikonsumsi untuk mencegah resiko pendarahan pada rahim.

Menguatkan rahim, sel-sel usus, dan melancarkan saluran kencing.

Itulah manfaat buah kurma saat hamil muda lainnya. Bagi Anda yang sedang hamil muda, disarankan untuk memperbanyak mengkonsumsi buah kurma demi kesehatan tubuh dan janin didalam kandungan.

Semoga informasi yang disampaikan ini bermanfaat.