kandungan nutrisi dan manfaat buah kurma

Kandungan Nutrisi Dan Manfaat Buah Kurma

Kandungan Nutrisi Dan Manfaat Buah Kurma – Kurma adalah nama tanaman palma dan juga buah yang berasal dari genus Phoenix. Buah kurma memiliki bentuk yang lonjong dengan panjang antara 3 sampai 7 cm.

Buah kurma memiliki buah muda yang berwarna merah ke kuning cerah tergantung dari jenisnya. Kurma digemari banyak orang karena kandungan gizi dan juga manfaatnya yang baik untuk kesehatan tubuh.

Berdasarkan penelitian, di dalam 100 gram buah kurma mengandung banyak nutrisi seperti di bawah ini: Air 18.27, Zat gizi Jumlah/100 gram, Protein 2.81 g, Energi 251 kkal, Serat 7.1 g, Karbohidrat 66.78 g dan Gula 56.38 g. Kurma juga mengandung beragam mineral seperti Zat Besi 0.91 mg, Kalsium 35 mg, Fosfor 55 mg, Kalium 484 mg, Magnesium 38 mg, Seng 0.26 mg dan Sodium 2 mg.

Adapun vitamin yang terkandung di dalam buah kurma yaitu Vitamin A, Vitamin B1, B2, B3, B5, B6, B9, B12, Vitamin C, Vitamin E dan Vitamin K serta masih banyak kandungan lainnya.

Adapun untuk manfaat dari buah kurma sangatlah banyak dan diantaranya yaitu:

1. Sumber Antioksidan

Kurma merupakan sumber anti oksidan yang sangat bagus dimana dapat melindungi badan dari radikal bebas yang mengakibatkan kanker. Konsumsi buah kurma juga membantu Anda terlepas dari kemungkinan terjadinya kanker. Beberapa zat fitokimia yang ada di dalam kurma diantaranya sterol, polifenol, karoten dan tanin.

2. Melindungi Kesehatan Jantung

Kurma merupakan buah yang kaya akan kalium dimana dapat melindungi kesehatan jantung dan juga pembuluh darah dengan cara menstabilkan denyut jantung, mengatur desakan darah dan mengaktifkan kontraksi otot-otot jantung.

3. Meningkatkan Daya Ingat Serta Kerja Otak

Kurma mampu meningkatkan kerja otak dan daya ingat karena mengandung kalium yang tinggi sehingga dapat memperlancar distribusi oksigen ke otak dan juga membuat lancar keseimbangan cairan badan.

4. Memperlancar Pencernaan

Seperti yang kita ketahui, kurma mengandung serat larut di dalam buah yang sudah masak dan serat tak larut di dalam buah yang belum masak. Serat larut berperan untuk membersihkan saluran pencernaan dan serat tak larut ini berperan sebagai pendukung perubahan prebiotik yang dibutuhkan untuk membersihkan sistem pencernaan sehingga melancarkan BAB.

5. Sebagai Sumber Energi

Kurma juga merupakan sumber daya yang efisien. Dengan mengonsumsi 100 gr buah kurma yang fresh Anda bisa memenuhi kebutuhan daya harian 12 hingga 15 %. Jika Anda mengonsumsi kurma kering, kandungan antioksidannya akan menyusut.

Kurma merupakan sumber daya yang instan sehingga sangat baik dikonsumsi oleh orang saat berbuka puasa.

Nah, itu tadi Kandungan Nutrisi Dan Manfaat Buah Kurma yang perlu untuk Anda ketahui. Semoga bermanfaat.