apa khasiat buah kurma untuk kesehatan tubuh

Khasiat Buah Kurma Untuk Menjaga Kesehatan Tubuh

Khasiat buah kurma untuk tubuh – Kurma memiliki khasiat yang luar biasa. Oleh karenanya, sejak zaman Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wasallam, kurma sering dijadikan sebagai obat.

Khasiat dari kurma ini disejajarkan dengan pengobatan herbal menggunakan zaitun dan bekam. Untuk melihatnya kenapa kurma ini didoktrin sebagai obat berkhasiat, cek dalam firman Allah Ta’ala QS. Ar-Ra’du ayat 44, QS.Maryam ayat 26, QS. Maryam ayat 23, QS. Al- Baqarah ayat 266, QS. Al- An’am ayat 99, QS. Al- An’am ayat 141, QS. An- Nahl ayat 11, QS. An- Nahl ayat 67, QS. Isra’ ayat 91, QS. Al- Kahfi ayat 32, QS. Thahaa ayat 71, QS. Al- Mukminun ayat 19, QS. Yasiin ayat 34, Al-Qamar ayat 20, Ar- Rahman ayat 68, QS. Al- Haqqah ayat 27, dan QS. Abasa ayat 29.

Dan, juga terdapat di hadis Shahih Imam Al-Bukhari. Allah Subhanahu Wa Ta’ala menyebutnya berulang kali dalam firman-Nya, maka itu menandakan bahwa kurma memang menjadi obat yang berkhasiat para nabi-nabi terdahulu dan khasiatnya masih tetap sama hingga sekarang.

Jenis kurma Ajwah inilah yang paling disukai oleh Baginda Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam. Warnanya lebih hitam dan ukurannya lebih kecil, serta harga di pasaran memiliki harga tertinggi.

Tak tanggung-tanggung Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam menawarkan obat kurma berkhasiat ini sebagai penangkal racun dalam tubuh jika kurma Ajwah dikonsumsi setiap pagi sebanyak 7 buah. Saat Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam memakan buah kurma, beliau mengimbanginya dengan memakan mentimun.

Buah kurma yang agak panas menjadi dingin dengan tambahan mentimun. Dan, makan buah kurma ini tentu menjadi kegiatan sunnah tersendiri. Seperti saja sunnah memakan buah kurma sebelum hari Raya Idul Fitri seperti hadis yang diriwayatkan Anas bin Malik, beliau makan kurma dengan buah semangka, dan tidak menjadikan kurma sebagai arak sebab itu sebuah keharaman yang harus ditinggalkan.

Kurma lebih berkhasiat apabila dikonsumsi dalam keadaan kering maupun basah, tidak dengan fermentasi apapun.

Buah istimewa daripada buah kurma lainnya. Hanya bisa tumbuh di Madinah. Rasanya khas dan tidak terlalu manis, warna hitam pekat, ukuran sedang, dagingnya tebal, bertekstur kuat dan guratan-guratannya tampak warna putih sangat tipis.

Khasiat buah kurma untuk tubuh seperti dapat memperkuat otot dan sel-sel otak, memperkuat syaraf telinga, menjaga kelembapan mata, memperlambat proses penuaan, mencegah anemia, dll.

Rasullullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam menyukai kurma pasti tidak dengan satu alasan, tetapi banyak alasan bagi beliau salah satunya untuk mengajarkan bagaimana caranya hidup dengan makan makanan yang menyehatkan.

Cara makan Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam dan apa yang dimakan beliau petunjuknya langsung dari Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Menandakan pula bahwa beliau orang yang ahli dalam mengonsumsi makanan. Itulah beberapa khasiat buah kurma untuk tubuh. Ikuti sunnah Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam supaya hidup menjadi lebih sehat.