manfaat buah kurma untuk ibu menyusui agar sehat

Khasiat dan Manfaat Buah Kurma Untuk Ibu Menyusui

Manfaat Buah Kurma Untuk Ibu Menyusui – Manfaat buah kurma merupakan salah satu buah yang kaya akan nutrisi di dalamnya dan sangatlah penting bagi ibu yang menyusui. Buah kurma juga merupakan salah satu buah yang bisa menambah energi manusia dengan baik dan sempurna.

Karena itu buah kurma seringkali dijadikan sebagai buah pembuka di waktu berbuka puasa. Buah kurma sangat kaya akan kandungan nutrisi seperti serat, potasium, mineral, vitamin, kalsium, zat besi, sulfur, tembaga dan magnesium yang sangat bermanfaat untuk ibu menyusui dan juga si kecil.

Lalu apa sajakah Manfaat Buah Kurma Untuk Ibu Menyusui? Berikut ini ulasan lengkapnya :

1. Menghindarkan risiko anemia
Ketika menyusui, energi ibu bisa terkuras sampai dua kali lipat. Maka dari itu, ibu akan merasa mudah lelah karena si kecil memang harus menyusu setiap 1 jam atau 3 jam sekali atau bahkan 8 sampai 10 kali dalam sehari.

Kondisi ini berisiko membuat ibu terkena anemia. Buah dengan cita rasa manis ini memiliki kandungan vitamin B yang mampu membantu tubuh untuk membentuk sel darah merah yang baru sehingga ibu yang harus menyusui bisa terhindar dari risiko kelelahan dan anemia.

2. Penambah energi
Kurma berperan sebagai penambah energi bagi para ibu menyusui, karena kurma memiliki kandungan glukosa yang sangat tinggi hal inilah yang membuat kurma seringkali menjadi makanan ringan di siang hari di luar bulan Ramadhan.

Karena dengan mengonsumsi beberapa buah saja, biasanya ibu sudah memiliki cukup energi dan merasa kenyang untuk beraktivitas.

3. Menjaga daya tahan tubuh
Agar bayi sehat, ibu harus menjaga kesehatan fisik selama menyusui dengan mengonsumsi makanan yang bergizi. Nah, kandungan Tanin yang ada di dalam buah kurma bermanfaat untuk membantu memperkuat daya tahan tubuh sehingga ibu tak mudah sakit.

Selain itu, Tanin bisa juga menjadi komponen anti inflamasi (pembengkakan) dan anti infeksi dalam tubuh. Selain Tanin, kurma juga memiliki kandungan Fitokimia, zat alami pada tumbuhan dan tubuh manusia yang berguna sebagai penghasil enzim penangkal racun, anti oksidan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, anti bakteri dan anti virus.

4. Kaya akan zat Besi dan Kalsium
Banyaknya kandungan zat Besi dan Kalsium yang ada di dalam buah kurma, ternyata dapat memperlancar proses pembentukan tulang dan gigi si kecil, serta menambah berat badan bayi melalui ASI yang diminum.

Sehingga tak hanya ibu yang menjadi sehat dengan cara mengonsumsi kurma, si kecil juga turut untuk merasakan manfaatnya.

5. Pelancar ASI
Zat Oksitosin yang ada di dalam buah kurma, dipercaya bisa membantu melancarkan ASI untuk memenuhi keperluan nutrisi si kecil. Selain meningkatkan produksinya, buah kurma juga bisa menunjang kualitas ASI tersebut agar bayi sehat dan juga cerdas.

6. Membantu mengecilkan rahim setelah melahirkan
Kurma memiliki kandungan hormon potuchsin yang sangat bermanfaat bagi ibu yang baru melahirkan. Mengonsumsi buah kurma pasca persalinan bisa membantu mengecilkan pembuluh darah dalam rahim dan juga mengecilkan ukuran rahim.

Tidak hanya itu, dengan mengecilnya pembuluh darah di dalam uterus, maka risiko terjadinya pendarahan juga bisa diminimalisir.

Itu tadi Manfaat Buah Kurma Untuk Ibu Menyusui yang mungkin belum pernah anda dengar. Di balik rasanya yang nikmat, buah kurma ternyata bisa menjadi salah satu solusi untuk ibu menyusui bukan? Semoga bermanfaat !