manfaat jus buah kurma

Khasiat dan Manfaat Jus Buah Kurma

Manfaat Jus Buah Kurma – Jus kurma merupakan salah satu sajian olahan dari buah kurma. Selain rasanya yang khas, jus buah kurma ini memiliki kandungan gizi yang sangat bermanfaat bagi tubuh.

Bahkan jus kurma ini sudah terbukti banyak berkontribusi untuk mengatasi berbagai gangguan kesehatan. Kalsium dari kurma berkhasiat untuk memastikan pertumbuhan gigi dan tulang dapat berjalan maksimal.

Sedangkan zat besi yang terkandung di dalam buah kurma dapat menghindari penyakit kurang darah. Masih banyak lagi khasiat jus kurma ini, berikut segudang manfaat jus buah kurma bagi kesehatan:

1. Mengatasi sembelit

Jika Anda membutuhkan obat untuk mengatasi sembelit atau susah BAB yang alami, maka jus kurma bisa menjadi salah satu solusinya. Buah kurma dikenal memiliki khasiat laksatif atau dapat memperlancar BAB karena tingginya serat larut yang ada di dalam buah kurma.

Caranya mudah sekali, Anda bisa rendam buah kurma itu selama satu malam sebelum diolah jadi jus agar menambah khasiat laksatifnya. Kemudian minumlah jus kurma di pagi hari supaya BAB Anda lancara.

2. Membantu proses persalinan

Jus kurma dipercayai mampu menyehatkan ibu hamil dan juga janin yang dikandungnya. Hal ini bukanlah mitos belaka, namun sudah dibuktikan dengan penelitian.

Sebuah riset sudah membuktikan bahwa wanita hamil yang minum jus kurma lebih sedikit memerlukan induksi ketika melahirkan dan proses melahirkan menjadi lebih lancar.

3. Penambah energi

Jika Anda membutuhkan energi atau sedang dalam kondisi kelelahan, maka minum segelas jus kurma bisa menjadi pilihan alami untuk mendapat energi Anda kembali.

Salah satu cara untuk mendapat energi instan yaitu dengan mengkonsumsi gula, namun cara ini tak dianjurkan. Kurma mengandung zat gula sukrosa dan fruktosa alami yang lebih mudah dicerna oleh tubuh untuk menghasilkan energi.

4. Mengatasi diare

Minum jus kurma juga bisa menyehatkan pencernaan serta mengatasi diare. Serat yang ada dalam buah kurma mampu menyerap air di dalam pencernaan usus, sehingga kotoran pun menjadi lebih padat.

Buah kurma mengandung kalium yang juga dapat meringankan diare. Tak hanya itu, buah kurma juga memiliki khasiat antibakteri yang sangat efektif untuk membunuh kuman penyebab diare.

5. Meringankan alergi

Jus kurma dikenal juga bisa meringankan alergi. Tak hanya mitos, manfaat kurma untuk menghilangkan alergi ini sudah dibuktikan dengan penelitian ilmiah.

Berbagai riset menyimpulkan bahwa memakan kurma bisa mengurangi gejala alergi seperti pilek karena alergi perubahan musim. Dalam buah kurma terdapat senyawa sulfur organik yang berkhasiat untuk meringankan gejala alergi.

Nah itu tadi beberapa Manfaat Jus Buah Kurma. Tak hanya rasanya yang manis, manfaat yang dimiliki oleh buah kurma bagi kesehatan juga bisa menjadi pertimbangan bagi Anda untuk memasukkan jus kurma ke dalam daftar menu mingguan Anda. Semoga bermanfaat.