manfaat buah kurma bagi bumil

Manfaat Buah Kurma Bagi Bumil

Manfaat Buah Kurma bagi Bumil – Saat hamil kita harus memenuhi nutrisi dalam tubuh, agar janin yang ada dalam kandungan kita bisa tumbuh dengan sehat.

Umumnya ada berbagai jenis makanan yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil seperti buah, sayur, ikan, susu, dan masih banyak lainnya. Namun tahukah Anda ada beberapa buah yang sangat disarankan untuk dikonsumsi selama kehamilan, salah satunya adalah buah kurma.

Hal ini karena buah kurma memiliki banyak manfaat untuk bumil. Kurma memiliki sejumlah nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil. Mengonsumsi buah kurma saat hamil dipercaya bisa memberikan banyak manfaat.

Manfaat Buah Kurma bagi Bumil antara lain adalah mengurangi rasa mual, mencegah anemia, mengontrol gula darah, dll.

Bahkan ada beberapa penelitian yang mengatakan jika kurma bisa mempermudah seorang ibu saat akan menjalani proses persalinan.

Mengkonsumsi kurma secara rutin ternyata bisa membantu proses pembukaan menjadi lebih cepat. Ketika proses persalinan berlangsung, rahim ibu akan mengalami pembukaan hingga selebar 10 cm. Pembukaan tersebut terdiri dari 2 fase yakni fase laten dan fase aktif.

Biasanya, fase laten membutuhkan waktu sekitar 8 jam untuk proses pembukaan 1-3 cm. Sedangkan fase aktif umumnya membutuhkan waktu selama 6 jam untuk proses pembukaan hingga mencapai 10 cm.

Menurut beberapa penelitian Ibu hamil yang rutin mengonsumsi buah kurma pada akhir masa kehamilannya, bisa melewati fase laten-nya lebih cepat daripada ibu hamil yang tak pernah mengonsumsi kurma.

Selain bisa mempercepat proses pembukaan Manfaat Buah Kurma bagi Bumil lainnya adalah membuat ketuban tidak gampang pecah. Ketuban merupakan selaput yang berisi cairan yang melindungi seluruh tubuh bayi. Saat bayi akan dilahirkan, umumya selaput ketuban ibu akan pecah. Tapi, terkadang ada juga ketuban yang sudah pecah terlebih dulu sebelum bayi lahir.

Hal ini bisa menyebabkan sejumlah komplikasi, seperti infeksi dan juga peradangan selaput amnion. Untuk menghindarinya, pada fase-fase terakhir Anda mengandung sebaiknya konsumsi buah kurma. Karena penelitian membuktikan ibu hamil yang mengkonsumsi buah kurma ternyata ketubannya tidak mudah pecah.

Selain itu rajin mengkonsumsi buah kurma juga bisa meningkatkan peluang yang lebih tinggi untuk melakukan persalinan secara normal. Jadi bila Anda menginginkan persalinan secara normal, maka rutinlah mengkonsumsi buah kurma.

Terakhir, mengkonsumsi buah kurma membuat kebutuhan ibu hamil akan oksitosin menjadi lebih rendah. Oksitosin merupakan hormon yang bekerja merangsang kontraksi rahim agar proses persalinan bisa berjalan dengan mudah. Pada persalinan yang membutuhkan waktu lama, biasanya ibu akan diberi suntikan oksitosin. Namun jika ibu hamil sering mengkonsumsi kurma sebelum persalinan, ia akan membutuhkan hormon oksitosin yang jauh lebih rendah.

Begitu besar Manfaat Buah Kurma bagi Bumil, supaya Anda bisa menjalani kehamilan yang sehat dan lancar hingga proses persalinan, maka sebaiknya konsumsilah buah kurma secara rutin.