manfaat buah kurma bagi ibu hamil trimester pertama

Manfaat Buah Kurma bagi Ibu Hamil Trimester Pertama

Manfaat buah kurma bagi ibu hamil trimester pertama – Kurma, siapa yang belum pernah merasakan buah manis dan lezat yang satu ini? Pastinya semua orang sudah tahu tentang kelezatan buah yang berasal dari daerah Timur Tengah ini.

Buah kurma yang matang, selain manis ternyata juga menyimpan sejuta manfaat baik untuk kesehatan tubuh manusia. Beberapa penelitian membuktikan adanya khasiat luar biasa pada buah kesukaan Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wasallam yang satu ini. Dan hasil penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan menemukan bahwasanya buah kurma mengandung berbagai zat mineral dan nutrisi baik yang sangat diperlukan oleh tubuh.

Kandungan baik inilah yang berperan positif dalam menjaga kesehaan tubuh dan mengatasi berbagai masalah kesehatan.

Berbagai khasiat buah kurma bisa dirasakan oleh siapa saja mulai dari usia anak–anak hingga usia lanjut. Tidak ada efek samping yang negatif dari konsumsi buah kurma selama konsumsinya tidak berlebihan dan teratur.

Seperti yang sudah kita ketahui, mengambil sesuatu yang berlebihan memang sangat tidak diperbolehkan karena akan timbul kerugian. Maka dari itu, sesuai anjuran Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam sebaiknya buah kurma dikonsumsi dalam jumlah ganjil dan porsi yang tidak terlalu banyak, misalkan 3 biji atau 5 biji per harinya.

Beberapa manfaat dari buah kurma juga bisa dirasakan langsung oleh ibu hamil dan janin yang ada di dalam kandungan. Adapun beberapa manfaat buah kurma bagi ibu hamil trimester pertama adalah sebagai berikut:

1. Buah kurma kaya akan kalori dan glukosa alami

Kandungan glukosa pada buah kurma sangat baik dan tidak menimbulkan efek samping seperti diabetes. Mengkonsumsi buah kurma secara rutin bisa menambah asupan kalori pada tubuh manusia.

Ibu hamil berada pada tahapan dimana ia membutuhkan energi tambahan untuk bisa lebih kuat dan tidak gampang lelah. Oleh karena itu, mengkonsumsi buah kurma sangat baik untuk menjaga energi sang ibu.

2. Merangsang pembentukan sistem syaraf

Kandungan mineral yang terkandung di dalam buah kurma rupanya juga bisa berperan aktif dalam membantu merangsang pembentukan sistem syaraf. Ibu hamil yang mengkonsumsi buah kurma ini bisa terpenuhi nutrisinya dan tersalurkan kepada janin sehingga anak menjadi lebih cerdas dan aktif.

3. Memaksimalkan proses pembentukan tulang dan gigi

Kandungan mineral kalsium, fosfor dan magnesium dapat membantu proses pembentukan tulang dan gigi pada janin. Sehingga ketika terlahir anak akan memiliki tulang yang kuat dan gigi pun dapat tumbuh dengan cepat.

4. Mencegah anemia

Biasanya ibu hamil muda lebih mudah anemia sehingga sering merasa letih, lesu, dan lemah meskipun aktifitas telah berkurang. Dengan asupan zat besi dari kurma, letih yang disebabkan oleh anemia bisa teratasi.

Demikianlah manfaat buah kurma bagi ibu hamil trimester pertama. Jangan lupa untuk mengkonsumsinya secara rutin dan teratur. Semoga bermanfaat.