manfaat buah kurma bagi ibu hamil tua

Manfaat Buah Kurma bagi Ibu Hamil Tua

Manfaat buah kurma bagi ibu hamil tua – Buah kurma adalah buah khas yang menjadi ikon oleh–oleh dari jazirah Arab. Buah yang satu ini bahkan bisa ditemui dengan mudah di hampir setiap rumah yang ada di Timur Tengah.

Persebaran buah kurma ini banyak dijumpai di Timur Tengah dan daerah Afrika yang mana keduanya merupakan kawasan dengan iklim panas. Di negara kita sendiri buah kurma bukanlah buah langka yang jarang ditemui meski harus mengimpor dari Timur Tengah.

Banyak pedagang yang menjual buah ini. Harganya pun juga bervariasi mulai dari kisaran 50 ribu per kilo hingga ratusan ribu per kilo. Biasanya buah kurma yang harganya mahal adalah kurma nabi.

Selain memiliki rasa yang lezat dan manis, buah kurma juga menyimpan sejuta manfaat baik yang sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tubuh dan mengatasi berbagai keluhan pada tubuh manusia.

Tidak ada batasan usia siapa saja yang bisa mengkonsumsi buah kurma. Dalam artian buah ini memang aman dimakan oleh siapa saja, termasuk anak–anak dan ibu hamil.

Nah, untuk ibu hamil sendiri kurma juga memberikan khasiat positif untuk janin dalam kandungan maupun untuk sang ibu. Lantas apa saja manfaat buah kurma bagi ibu hamil tua dan bagaimana cara mengkonsumsinya?

1. Memperkuat ketuban

Buah kurma telah dipercaya dan terbukti mengandung sejuta khasiat baik untuk tubuh dan salah satunya adalah untuk ibu hamil. Bagi seorang ibu hamil yang mengkonsumsi buah kurma secara rutin dan teratur akan lebih kuat dan berenergi dibandingkan mereka yang tidak mengkonsumsi kurma.

Ketuban pun juga menjadi hal penting pada kehamilan yang harus dijaga karena ketubanlah yang melindungi janin dalam perut. Bila ketubannya kuat, maka ketuban tidak akan mudah pecah dan janin pun aman di dalamnya.

2. Peluang persalinan normal lebih tinggi

Mengkonsumsi buah kurma ternyata juga bisa meningkatkan angka persalinan normal. Dari penelitian yang dilakukan, ibu hamil yang sering memakan kurma rupanya memiliki peluang persalinan normal 96% lebih besar daripada mereka yang tidak sama sekali.

3. Membantu proses pembukaan dengan cepat

Ibu hamil yang sudah memasuki usia kehamilan tua akan menunggu proses yang satu ini. Proses pembukaan biasanya terjadi secara bertahap hingga bisa mencapai pembukaan penuh hingga 10 cm.

Ibu hamil yang rutin mengkonsumsi buah kurma mengalami proses pembukaan yang lebih cepat dari pada mereka yang tidak mengkonsumsi buah kurma.

Jadi, itulah ulasan singkat mengenai manfaat buah kurma bagi ibu hamil tua yang wajib ibu tahu. Meski kaya akan nutrisi, mengkonsumsi kurma tetap tidak boleh berlebihan karena dikhawatirkan akan timbul mudharat atau kerugian. Semoga bermanfaat.