manfaat buah kurma buat wanita hamil

Manfaat Buah Kurma Buat Wanita Hamil

Manfaat buah kurma buat wanita hamil – Kurma adalah buah yang kaya akan manfaat, terutama untuk wanita yang sedang hamil. Dulu buah kurma biasa kita dapatkan pada saat seseorang pulang dari beribadah haji.

Namun sekarang kita bisa mendapatkan buah kurma pada pusat–pusat perbelanjaan. Ukuran buah kurma biasanya 3 sampai 7 cm dengan diameter 2 sampai 3 cm.

Kurma termasuk buah yang termasuk kedalam golongan biji tunggal dan termasuk kedalam tumbuhan palm. Buah kurma terdiri dari tiga jenis yaitu kelompok lunak, kelompok semi kering dan kering.

Buah dari Teluk Persia ini memiliki kandungan yang sangat baik bagi tubuh manusia dan sebaiknya dikonsumsi ibu hamil dan menyusui.

Manfaat buah kurma buat wanita hamil yang pertama adalah sebagai penambah energi. Kehamilan membuat wanita mengalami banyak perubahan seperti berat badan yang bertambah.

Kelebihan berat badan dari ukuran normalnya membuat wanita hamil merasa lelah. Glukosa yang terkandung di dalam buah kurma mampu menambah energi yang berguna sebagai penunjang aktivitas ibu hamil.

Ibu hamil yang mengonsumsi buah kurma rutin setiap hari akan terlihat selalu energik dan tidak merasa kelelahan dalam menjalani aktivitasnya. Buah kurma juga dapat mengatasi anemia pada wanita hamil.

Di dalam buah kurma terkandung mineral penting yaitu zat besi, mineral yang sangat dibutuhkan wanita pada masa kehamilannya. Zat besi sebagai penunjang pembentukan darah merah juga mampu menjaga kadar hemoglobin dalam tubuh sehingga berpengaruh terhadap pertumbuhan dan kesehatan janin.

Manfaat buah kurma buat wanita hamil berikutnya adalah menjaga sistem saraf. Kurma melalui kandungan kaliumnya bermanfaat untuk menstimulasi sistem saraf.

Mengonsumsi kurma pada masa kehamilan akan mempengaruhi kecerdasan otak ibu hamil. Hal ini juga akan berpengaruh positif terhadap kecerdasan janin.

Apabila telah dilahirkan, bayi wanita hamil yang rutin memakan buah kurma akan tumbuh menjadi anak yang cerdas dan memiliki tingkat konsentrasi yang tinggi. Selain itu buah kurma juga dapat membantu pembentukan tulang dan gigi.

Tulang dan gigi yang dimaksud adalah tulang dan gigi janin yang sedang dikandung ibu hamil. Tingginya kandungan kalsium dalam buah kurma membuatnya bagus untuk pembentukan tulang pada janin dalam kandungan.

Buah kurma memiliki manfaat lain yang sangat berguna bagi wanita hamil yaitu sebagai penjaga sistem pencernaan. Ibu hamil sering mengalami masalah dalam pencernaan seperti sembelit.

Dengan mengonsumsi buah kurma sebelum makan, maka masalah sembelit tersebut akan teratasi. Selain sembelit, kurma juga mampu mengatasi masalah ASI pada ibu menyusui. Ibu hamil yang mengonsumsi kurma akan memiliki produksi ASI yang banyak. Bahkan bisa keluar sebelum bayi dilahirkan.

Banyaknya manfaat buah kurma buat wanita hamil menjadikan buah kurma adalah buah andalan yang harus dikonsumsi oleh wanita hamil pada masa mengandungnya. Semoga bermanfaat.