manfaat buah kurma dalam al qur'an

Manfaat Buah Kurma Dalam Al-Quran

Manfaat buah kurma dalam Al-Quran – Buah kurma adalah buah yang kaya manfaat. Buah ini juga buah yang paling banyak disebutkan dalam Al-Quran. Kurang lebih dua puluh kali nama buah kurma ini disebutkan dalam kitab suci Al-Quran.

Sebanyak lima belas ayat menyebutnya dengan jenis tumbuhan yang lain sebagai anugrah terbesar bagi umat manusia. Namun mengapa demikian? Buah kurma banyak disebutkan di dalam Al-Quran dan juga merupakan buah yang sangat disukai oleh Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wasallam karena buah kurma ini memiliki segudang keistimewaan.

Manfaat dari buah kurma banyak dikaji oleh banyak ilmuan dan telah terbukti kandungannya yang kompleks dan bermanfaat bagi kesehatan.

Manfaat buah kurma dalam Al-Quran juga telah tertulis seperti yang dijelaskan dalam surat Ar-Rahman ayat 11 yang artinya: “Di bumi itu ada buah-buahan dan pohon kurma yang memiliki kelopak mayang”.

Pada surat Ar-Ra’du ayat 4 juga dijelaskan mengenai pohon kurma yang artinya: “Dan di Bumi ini terdapat bagian–bagian yang berdampingan, dan kebun–kebun anggur, tanaman–tanaman dan pohon kurma yang bercabang dan yang tidak bercabang, disirami dengan air yang sama. Kami melebihkan sebahagian yang lain tentang rasanya. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda–tanda (kebesaran Allah) bagi kaum yang berfikir.”

Meskipun tidak dijelaskan secara rinci terkait Manfaat buah kurma dalam Al-Quran, namun sungguh sesuatu yang telah tertulis di dalam Al-Qur’an adalah sesuatu yang benar. Ada beberapa manfaat buah kurma yang sangat istimewa diantaranya dapat melindungi tubuh dari racun.

Suatu riwayat menceritakan bahwa ada wanita yahudi yang menaruh racun pada makanan Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam pada perang Khaibar. Racun tersebut telah tertelan, namun telah dinetralisir oleh zat–zat yang terkandung dalam buah kurma.

Ada sahabat Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam yang bernama Bisyir Ibnu al-Barra’, beliau ikut memakan racun tersebut dan akhirnya meninggal. Namun Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam selamat.

Buah kurma juga merupakan buah yang mengandung zat anti kanker. Pada penelitian yang diadakan di Mesir, membuktikan bahwa penyakit kanker tidak menyebar ke daerah –daerah yang penduduknya banyak mengonsumsi kurma.

Dan terbukti bahwa itu dikarenakan kurma mengandung zat–zat yang bisa mematikan sel kanker. Sebagian besar masyarakat jazirah arab menjadikan kurma sebagai makanan pokok.

Pada sebuah survei juga diketahui bahwa persentasi penderita kanker dan sakit jantung pada suku Badui sangat kecil jika dibandingkann dengan penduduk Arab lain.

Buah kurma memiliki kadar gula yang tinggi karena sebuah hadits menyatakan bahwa Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam berbuka puasa sebelum sholat dengan kurma segar, jika tidak ada maka dengan kurma yang kering, dan jika tidak ada beliau meminum beberapa air.

Uraian di atas menjelaskan beberapa Manfaat buah kurma dalam Al-Quran yang telah terbukti kebenarannya, semoga bermanfaat.