manfaat buah kurma dalam Islam

Manfaat Buah Kurma Dalam Islam

Manfaat buah kurma dalam Islam – Islam adalah agama yang Indah dengan Al-Quran sebagai kitab sucinya. Buah kurma adalah buah yang paling banyak disebutkan di dalam Al-Qur’an.

Buah kurma memiliki banyak manfaatnya bagi kesehatan manusia. Sebagaimana yang kita tahu bahwa Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam menyunnahkan kita pada saat berbuka puasa untuk memakan tiga buah kurma sebelum sholat magrib.

Yang diutamakan adalah kurma segar, namun jika tidak ada bisa menggunakan kurma kering. Namun jika tidak ada kedua–duanya bisa menggunakan air putih.

Setelah diteliti oleh para ahli, ternyata buah kurma memiliki kandungan kadar gula yang tinggi. Kadar gula yang terkandung di dalam buah kurma sangat baik untuk mengembalikan energi tubuh setelah berpuasa.

Ternyata pada setiap 100 gram kurma segar mengandung 277 kalori yang yang bisa didapatkan 58 persen karbohidrat. Karbohidrat yang terkandung di dalam kurma pun berbeda dengan karbohidrat pada jenis makanan lain.

Karbohidrat pada kurma berbentuk rantai pendek yang mudah larut di dalam air dan fruktosa menjadikan energi yang dihasilkan dari kurma mudah diserap tubuh dibandingkan dengan gula sukrosa seperti aren dan tebu.

Manfaat buah kurma dalam Islam diterangkan dalam surah Maryam ayat 25 dan 26 yang artinya: “Dan goyanglah pangkal pohon kurma itu ke arahmu, niscaya pohon itu akan menggugurkan buah kurma yang masak kepadamu. Maka makan, minum dan bersenang hatilah kamu. Apabila engkau melihat seorang manusia, maka katakanlah: “Bahwa sesungguhnya aku telah bernazar berpuasa untuk Tuhan Yang Maha Pemurah, maka aku tidak akan berbicara dengan seorang manusia pun pada hari ini.” Ayat ini dijadikan dalil untuk memakan kurma dan keutamaan yang ada di dalamnya.

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam mempunyai kebiasaan memakan kurma masak. Kurma masak atau kurma yang telah matang ini memiliki nilai gizi yang tinggi, merelaksasi usus, menyembuhkan radang tenggorokan, dapat memperkuat liver atau hati dan menambah kesuburan bagi pria dan wanita.

Manfaat buah kurma dalam Islam terlihat dari hadits yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim yang menyatakan bahwa nabi bersabda: “Barangsiapa mengonsumsi kurma Ajwah pada pagi hari, maka pada hari itu ia tidak akan terkena racun atau sihir.”

Arti Ajwah sendiri adalah salah satu jenis kurma yang berasal dari Madinah, dikenal sebagai kurma hijaz yang terbaik dari seluruh isinya. Bentuk kurma ajwah ini bagus, agak keras dan padat, termasuk dalam kurma yang paling lezat, empuk dan harum.

Apabila Anda mencari kurma ajwah di pasar, maka harga kurma inilah yang paling mahal di antara jenis kurma yang lainnya. Di masa Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam, kurma dijadikan sebagai makanan pokok seperti gandum bagi negara–negara lain.

Itulah Manfaat buah kurma dalam Islam, semoga bermanfaat.