manfaat buah kurma dan kandungannya

Manfaat Buah Kurma Dan Kandungannya

Manfaat buah kurma dan kandungannya – Saat berbuka puasa, kita disarankan untuk mengonsumsi buah kurma. 3–5 buah kurma mengandung energi setara 100-150 kalori dan menjadi pilihan camilan yang terbaik buka puasa.

Selain rasanya yang enak, kurma memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan. Buah yang sangat lezat ini merupakan sumber energi yang kaya akan mineral, vitamin dan juga serat.

Mineral penting yang ada di dalam buah kurma diantaranya sulfur, kalsium, potassium, zat besi, mangan, fosfor, zink, tembaga dan magnesium yang bermanfaat bagi kesehatan. Kurma juga mengandung vitamin seperti riboflavin, thiamin, folate, niacin, vitamin A dan vitamin K.

100 gram kurma memiliki kandungan zat gizi sebagai berikut:

Serat 6,7 gram (27% AKG)
Tembaga 0,4 mg (18% AKG)
Potassium 696 mg (20%AKG)
Magnesium 54 mg (14% AKG)
Mangan 0,3 mg (15% AKG)
Vitamin B6 0,2 mg (12% AKG)

Vitamin dan juga mineral yang terkandung di dalam buah kurma ini sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh, diantaranya yaitu:

1. Memulihkan energi tubuh

Kurma mengandung gula alami yang tinggi seperti fruktosa, glukosa dan juga sukrosa. Maka dari itu, kurma merupakan salah satu snack yang sangat baik jika tubuh membutuhkan tambahan energi dengan cepat.

2. Mencegah Anemia

Kurma mengandung zat besi yang tinggi sehingga dapat mencegah anemia dan juga membantu mengatasi masalah terkait anemia. Adanya zat besi yang kaya ini menstabilkan kekurangan zat besi bagi penderita anemia, menambah stamina dan energi serta mengurangi rasa lelah dan lesu.

3. Mengontrol Berat Badan

Kurma mengandung protein, gula dan vitamin yang sangat penting sehingga buah ini bisa diikutsertakan ke dalam pola makan sehat. Konsumsilah kurma untuk mengontrol berat badan agar tetap normal.

4. Baik untuk Ibu Hamil
Kurma juga dapat membantu membuat gerakan kontraksi rahim bertambah teratur sehingga memudahkan proses persalinan. Kurma membantu untuk mengontrol laju gerak rahim dan menambah kontraksi jantung saat darah dipompa ke pembuluh nadi karena mengandung vitamin B1 dan gula.

Kadar kalsium dan zat besi juga berperan dalam proses pembentukan ASI dan dapat menggantikan tenaga ibu yang terkuras ketika melahirkan atau menyusui.

5. Menjaga Kesehatan Tulang

Buah kurma mengandung mineral yang tinggi sehingga sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan kekuatan tulang dan mencegah penyakit seperti osteoporosis.

Kurma mengandung mangan, selenium, magnesium dan tembaga yang seluruhnya adalah komponen dari pertumbuhan dan juga kekuatan tulang.

Nah itu tadi Manfaat Buah Kurma Dan Kandungannya yang perlu untuk kita ketahui. Maka dari itu jika Anda ingin menjaga kesehatan, maka buah kurma ini sangat cocok untuk dijadikan asupan harian kita. Semoga bermanfaat.