manfaat buah kurma dan madu

Manfaat Buah Kurma Dan Madu

Manfaat buah kurma dan madu – Saat bulan Ramadhan tiba, akan selalu ada makanan spesial yang belum tentu ada di menu sehari-hari kita, salah satunya yaitu kurma.

Buah manis yang seringkali dikonsumsi untuk berbuka puasa ini memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan Anda. Kurma merupakan buah yang memiliki kandungan gizi yang lengkap dan mudah dicerna sehingga sangat cocok untuk dijadikan sebagai camilan sehari-hari.

Selain kurma, Anda juga bisa menambahkan madu ke dalam daftar menu. Kurma dan madu merupakan pasangan serasi untuk menu makanan yang sehat. Manfaat kurma dan madu tak hanya untuk memberi Anda nutrisi, namun juga memberikan kekebalan tubuh yang baik.

Selain itu, masih banyak manfaat buah kurma dan madu, berikut ini ulasannya:

1. Membantu menurunkan berat badan

Buah kurma mengandung kalori yang bisa digunakan sebagai pengganti makan berat, sehingga dapat menunda rasa lapar lebih lama. Sedangkan madu memiliki IG atau indeks glikemiks yang lebih rendah dibandingkan dengan gula, sehingga kalori makanan pun bisa tetap terkontrol dan kadar gula darah tak akan naik secara drastis.

Makanan manis dengan indeks glikemiks yang tinggi bisa menaikkan kadar gula dalam darah dan merangsang rasa lapar dengan cepat.

2. Membantu mengatasi masalah pencernaan

Mengonsumsi madu dan kurma secara rutin dapat membantu memperbaiki sistem pencernaan. Madu mampu memperbaiki permukaan saluran pencernaan yang rusak akibat seperti maag, luka pada lambung dan radang pada usus halus.

Sedangkan kurma mengandung serat yang sangat tinggi sehingga dapat mengatasi berbagai masalah pencernaan, seperti sembelit, kanker usus, diare dan lainnya.

3. Mencegah resiko diabetes

Madu dan kurma mengandung senyawa gula alami yang lebih aman untuk dikonsumsi dibandingkan dengan sukrosa atau gula pasir. Hal ini disebabkan karena indeks glikemiks pada kurma dan madu lebih rendah jika dibandingkan dengan jenis gula lainnya seperti sukrosa.

IG atau Indeks glikemiks merupakan skala yang menyatakan kecepatan suatu makanan untuk meningkatkan kadar gula dalam darah. Hal ini bisa diartikan bahwa mengganti gula dengan madu dan kurma dapat menurunkan resiko penyakit diabetes serta mengendalikan kadar gula di dalam darah.

4. Menurunkan resiko penyakit jantung

Antioksidan yang terkandung di dalam buah kurma dan madu dapat menangkal efek radikal bebas yang bisa merusak sel jantung dan juga menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam darah. Kolesterol jahat bisa terakumulasi dalam dinding pembuluh arteri dan juga meningkatkan resiko penyakit jantung.

Nah itu tadi manfaat buah kurma dan madu yang mungkin belum pernah Anda ketahui. Selain memiliki rasa yang sangat manis, ternyata buah kurma dan madu sangat bermanfaat bagi kesehatan kita maka dari itu memasukkan kurma dan madu sangatlah tepat untuk menjaga kesehatan kita. Semoga bermanfaat.