manfaat buah kurma dan mentimun

Manfaat Buah Kurma Dan Mentimun

Manfaat buah kurma dan mentimun – Buah kurma dan mentimun merupakan kombinasi makanan yang sehat dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita. Bahkan Rasulullaah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam mencampur buah kurma dan juga mentimun dengan tujuan agar rasa panas yang ada di dalam buah kurma bisa menyeimbangkan basah dan rasa dingin yang ada di dalam mentimun, hal ini karena mentimun memang agak sulit dicerna oleh lambung, dingin dan terkadang bisa berbahaya.

Baik buah kurma maupun mentimun sama-sama memiliki manfaat bagi kesehatan kita, lalu apa saja manfaat buah kurma dan mentimun? Berikut ulasannya:

1. Melancarkan pencernaan

Kandungan serat di dalam buah kurma dan mentimun, ternyata mampu untuk membersihkan usus dari sisa zat yang tak berguna atau racun. Mentimun dan kurma mengandung serat larut yang memiliki berperan dalam kelancaran proses BAB dimana dengannya membuat makanan lebih cepat bergerak melalui saluran pencernaan.

Sehingga mengonsumsi buah kurma dan mentimun, penting dalam menjaga organ pencernaan yang sehat. Disarankan untuk Anda yang sedang mengalami masalah pencernaan ataupun susah BAB, agar mengkonsumsi kedua buah yang kaya akan serat ini.

2. Menyehatkan Jantung

Kandungan kalium di dalam buah kurma dan juga mentimun, memiliki manfaat seperti yang ada di dalam buah pisang. Keseimbangan asupan kalium sangatlah penting untuk kesehatan tubuh yakni untuk mengontrol tekanan darah dalam tubuh.

Sebagai elektrolit, kalium merupakan ion bermuatan positif yang melaksanakan fungsi-fungsinya, mencakup berinteraksi dengan natrium guna menjaga fungsi jantung, kontraksi otot serta saraf transmisi impuls agar tetap sehat dan optimal.

Demikian pula kandungan magnesium dan juga serat yang disarankan dikonsumsi bagi penderita hipertensi maupun tekanan darah rendah.

3. Menjaga kesehatan Tulang

Baik kurma maupun mentimun memiliki manfaat untuk melindungi dan menjaga kesehatan tulang. Kurma kaya akan mineral yang dibutuhkan untuk kesehatan tulang. Beberapa di antaranya yaitu mangan, selenium, magnesium dan tembaga.

Dengan mencukupi kebutuhan mineral ini, kekuatan dan kesehatan tulang Anda akan terjaga. Dan juga bisa membantu mencegah osteoporosis di kemudian hari.

Sedangkan mentimun juga merupakan sumber vitamin K. Bahkan secangkir mentimun mengandung 22 persen vitamin K. Vitamin K sangat penting untuk kesehatan tulang. Kekurangan vitamin K dapat resiko patah tulang ataupun kerusakan pada organ tulang. Vitamin K juga berfungsi untuk mengoptimalkan penyerapan kalsium di dalam tulang.

4. Membantu penurunan berat badan

Buah kurma dan mentimun termasuk makanan yang rendah kalori sehingga bisa dimanfaatkan untuk menurunkan berat badan yang berlebihan. Mentimun dan kurma ini akan membantu Anda untuk mencapai berat badan ideal.

Nah itu tadi beberapa manfaat buah kurma dan mentimun yang mungkin baru Anda ketahui. Semoga bermanfaat.