manfaat buah kurma terbaik

Manfaat Buah Kurma Dari Berbagai Kandungan Nutrisi Dan Gizi

Manfaat Buah Kurma – Buah kurma yang kita kenal biasanya sering kita jumpai pada saat bulan puasa. Buah kurma memiliki rasa yang manis sehingga bisa dijadikan hidangan pembuka dan membuat tubuh segar kembali setelah menjalankan puasa selama seharian.

Namun, tahukah anda bila buah kurma memiliki banyak kandungan nutrisi dan gizi sehingga membuatnya kaya akan manfaat untuk kesehatan tubuh? Kandungan gizi dalam buah kurma sangat cepat dicerna dan diserap tubuh, sehingga besar sekali manfaat buah kurma yang dapat dirasakan secara langsung oleh tubuh bila kita mengkonsumsinya secara rutin.

Nutrisi dan manfaat Buah Kurma

Berdasarkan penelitian pada 100 gram sari buah kurma, besar nutrisi-nutrisi di dalamnya, yaitu;
Energi : 290 kal
Karbohidrat : 17 gr
Protein : 3,3 gr
Lemak : 0,45 gr
Serat : 8gr
Glukosa : 41gr
Thiamin : 29gr
Air : 21gr
Kalsium : 32 mg
Magnesium : 35 mg
Potasium : 652 mg
Copper : 0,288 mg
Zat Besi : 2,6 mg
Fospor : 40 mg
Sodium : 3 mg
Manganase : 0,298 mg
Selenium : 1,9 mg
Vitamin A : 50 IU
Vitamin B : 10,03 mg
Vitamin B : 3 0,06 mg
Vitamin B : 6 0,192 mg
Vitamin C : 3 mg
Vitamin E : 0,1 mg
Thiamin : 0,09 mg
Riboflafin : 0,1 mg
Niacin : 2,2 mg
Panthotenic : 0,78 mg
Folate : 13 mcg

Banyak sekali bukan kandungan nutrisinya? Maka, tak salah lagi banyak pula manfaat buah kurma yang bisa kita dapatkan. Diantaranya;

Kandungan gula alaminya atau glukosanya berfungsi dapat menenangkan saraf yang gelisah serta memberikan rasa tenang pada jiwa.

Potasium didalamnya berfungsi menormalkan tekanan darah, meningkatkan kinerja jantung, dan dapat mengurangi risiko serangan stroke.

Vitamin A-nya mempunyai sifat antioksidan yang bermanfaat besar dalam menjaga kesehatan mata.

Vitamin E-nya memiliki peran besar dalam menjaga kesehatan kulit.

Zat besi dan kalsiumnya bisa membantu proses pembentukan air susu ibu, serta pembentukan darah dan tulang sumsum pada bayi yang masih dalam kandungan.

Keseluruhan nutrisi yang optimal pada kurma membuat kurma memiliki sifat anti-kanker yang berfungsi untuk melawan perkembangan sel kanker, dan zat antioksidan yang berfungsi untuk menangkal serangan radikal bebas.

Kandungan lainnya di dalam buah kurma memiliki manfaat untuk menjaga fungsi sistem kekebalan tubuh, meningkatkan daya ingat, serta mengontrol tekanan darah agar stabil.

Buah kurma yang direbus bisa digunakan untuk memperlancar saluran kencing.

Selain yang disebutkan diatas, tentunya masih banyak lagi manfaat buah kurma yang belum diketahui. Untuk informasi yang lainnya bisa anda simak pada halaman berikutnya.