manfaat buah kurma di bulan puasa

Manfaat Buah Kurma Di Bulan Puasa

Manfaat buah kurma di bulan puasa – Kurma merupakan buah-buahan pokok di Timur Tengah. Orang-orang di sana menikmati buah yang manis ini setiap tahun, tetapi di bulan Ramadan kurma menjadi makanan yang sangat penting.

Selama bulan Ramadhan, umat Islam berpuasa dari matahari terbit hingga terbenam. Maka, wajar jika berpuasa akan memberikan efek lain pada tubuh, misalkan gula darah rendah, tingkat energi lebih rendah dan tekanan darah rendah.

Untuk memperbaiki ketidakseimbangan di dalam tubuh tersebut, maka biasanya umat muslim mengawali berbuka puasa dengan kurma. Kurma memberikan semua nutrisi tubuh yang diperlukan dan yang terkuras selama berpuasa.

Buah ini kaya akan kalsium, zat besi, selenium, magnesium, kalium, serat, glukosa, sukrosa dan fruktosa. Lalu apa saja manfaat buah kurma di bulan puasa?

Buah kurma memiliki banyak manfaat di bulan puasa dan berikut ini diantaranya :

1. Menyehatkan pencernaan

5 butir atau sekitar 45 gram buah kurma mengandung sekitar 115 kalori, hampir semuanya dari karbohidrat. Sehingga, sangat wajar jika makanan ini tinggi akan serat dan dapat membantu meningkatkan kesehatan pencernaan selama kita menjalankan ibadah puasa.

Kurma juga mengandung magnesium, kalium dan juga vitamin B yang sangat baik untuk menjaga kesehatan serta kekuatan tulang.

2. Menurunkan kolesterol

Tim ahli jantung dari Uni Emirat Arab menjelaskan bahwa orang yang puasa dengan mengonsumsi kurma selama Ramadhan akan mengalami pengurangan kolesterol di dalam darahnya.

Dengan begitu, penelitian ini bisa disimpulkan bahwa puasa dan kurma akan menurunkan kolesterol sekaligus meningkatkan kesehatan pada jantung.

3. Meningkatkan kesehatan otak

Kekuatan otak saat berpuasa memang agak melemah jika Anda tak mengonsumsi makanan yang tepat saat sahur. Sebuah penelitian yang telah dilakukan oleh para ilmuwan di Amerika Serikat menemukan bahwa ada cara yang sangat mudah untuk mengembalikan fokus saat berpuasa yaitu dengan makan kurma.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kurma mampu meningkatkan fungsi otak termasuk membantu dalam menurunkan jumlah hormon stres atau hormon kortisol.

4. Menyerap nutrisi lebih banyak

Ketika puasa, tubuh kita akan mengalami peningkatan hormon yang disebut dengan adiponectin. Hormon ini memungkinkan otot-otot kita menyerap nutrisi lebih banyak. Dengan mengonsumsi kurma, Anda bisa memperoleh nutrisi yang lengkap juga.

5. Detoksifikasi

Dengan tak makan dan juga minum sepanjang hari saja, tubuh kita akan mendetoksifikasi sistem pencernaan secara otomatis. Apalagi jika kita mengonsumsi buah kurma.

Kandungan tinggi fruktosa dan karbohidrat yang mudah dipecah menjadi energi membuat tubuh kita senantiasa lebih sehat selama puasa. Kurma juga mengandung vitamin A, C, B kompleks, niasin, riboflavin, dan asam folat serta diperkaya dengan mineral seperti kalsium, zat besi, kalium, selenium, fosfor, natrium, magnesium, zink dan cobalt.

Nah itu tadi manfaat buah kurma di bulan puasa bagi kesehatan kita. Semoga bermanfaat.