manfaat buah kurma hamil muda

Manfaat Buah Kurma Hamil Muda

Manfaat buah kurma hamil muda – Beberapa ahli melakukan penelitian terkait manfaat kurma pada ibu hamil muda. Hasil dari penelitian tersebut yaitu para ibu hamil yang mengonsumsi kurma secara rutin dalam jumlah tertentu mampu mengurangi kebutuhan induksi untuk persalinannya.

Kita bisa mendapatkan energi sekitar 280 kkal, 8 gram serat dan 2.45 gram protein dari 100 gram kurma. Selain sebagai sumber kalium bagi tubuh kita, kurma juga memiliki nutrisi penting yang lainnya seperti tembaga, magnesium dan mangan.

Mengonsumsi buah kurma memberikan berbagai manfaat seperti membantu membentuk kehamilan yang sehat dan kuat dengan cara membantu mengontrol gula darah, mengurangi mual dan juga mencegah anemia.

Adapun manfaat buah kurma hamil muda lainya adalah sebagai berikut:

1. Mengatasi Morning Sickness

Kelesuan di pagi hari atau yang seringkali disebut Morning sickness sering terjadi pada ibu hamil muda. Untuk mengatasi masalah ini, mencukupi kebutuhan energi merupakan salah satu solusinya.

Kurma memiliki kandungan gula yang sangat mudah untuk dicerna sehingga mampu mengatasi morning sickness.

2. Mengatasi Masalah Buang Air Besar

Serat yang terkandung di dalam buah kurma cukup tinggi. Buah ini akan membantu Anda mengatasi masalah konstipasi atau susah buang air besar selama kehamilan.

Perlu untuk diketahui, konstipasi merupakan masalah yang cukup serius sehingga harus segera ditangani jika Anda tak ingin janin anda mengalami kontraksi karena mengejan. Maka dari itu, konsumsilah kurma!

3. Mengatasi Anemia

Ibu hamil muda atau saat di trimester kehamilan awal sering kurang darah merah atau anemia. Hal ini karena sebagian darahnya digunakan untuk pertumbuhan janin di dalam kandungan.

Anemia ini sebetulnya sangat berisiko karena terkait dengan kelancaran pasokan nutrisi dari ibu pada janin. Kekurangan darah darah membuat aliran nutrisi menjadi terhambat dan bisa membuat pertumbuhan janin berhenti.

Untuk mengatasi berbagai risiko dari anemia saat hamil, ibu hamil dianjurkan memperbanyak konsumsi suplemen atau makanan yang mengandung zat besi dan kurma bisa menjadi pilihannya.

4. Sebagai Sumber Kalsium

Mencukupi asupan kalsium merupakan salah satu hal yang wajib dilakukan oleh ibu hamil jika tak ingin di usia tuanya nanti ia mengalami osteoporosis dini.

Adapun selain mengkonsumsi susu kehamilan, mengkonsumsi kurma bisa juga menjadi alternatif untuk menyediakan kalsium. Kurma adalah camilan sehat yang bisa membantu pertumbuhan tulang dan gigi janin sejak dalam kandungan.

5. Menjaga dan meningkatkan kesehatan sistem saraf

Buah kurma juga memiliki manfaat untuk menstimulus sistem saraf karena memiliki kandungan kalium.

Mengkonsumsi kurma saat hamil akan berdampak pada daya ingat yang kuat dan peningkatan kecerdasan otak ibu hamil serta janin. Hal ini tentu saja akan berdampak positif pada kecerdasan otak bayi.

Nah itu tadi manfaat buah kurma hamil muda menurut beberapa ahli kesehatan. Semoga bermanfaat.