manfaat buah kurma ibu hamil

Manfaat Buah Kurma Ibu Hamil

Manfaat buah kurma ibu hamil – Sudah bukan menjadi rahasia lagi jika kurma adalah buah yang kaya akan manfaat. Buah yang disunahkan sebagai menu untuk berbuka puasa ini memiliki segudang manfaat yang sangat menakjubkan karena kandungannya yang sangat lengkap.

Kurma memiliki kandungan fosfor, zat besi, serat, kalsium, dan karbohidrat. Tak hanya baik untuk dikonsumsi harian saja, ternyata ada juga manfaat kurma bagi para ibu hamil yang mungkin jarang sekali diketahui.

Beberapa manfaat buah kurma ibu hamil tersebut antara lain :

1. Mempercepat kontraksi

Kurma menghasilkan hormon oksitosin dimana membantu merangsang kontraksi rahim dan juga memudahkan proses persalinan.

Saat persalinan, kontraksi yang lemah umumnya akan diberi tambahan oksitosin melalui jarum suntik untuk menguatkan kembali kontraksi rahimnya.

Pada sebuah penelitian, kelompok ibu hamil yang mengonsumsi buah kurma di masa kehamilan akhir memerlukan penggunaan oksitosin yang lebih rendah jika dibandingkan dengan kelompok yang tak rutin mengonsumsi kurma.

2. Menjaga daya tahan tubuh

Mengkonsumsi buah kurma bagi ibu hami setiap hari dapat menjaga daya tahan tubuh sehingga ibu yang hamil tak akan mudah terserang penyakit.

Hal ini karena buah kurma mengandung vitamin C yang memiliki peran penting sebagai antioksidan, sehingga tubuh akan senantiasa sehat dan juga terhindar dari serangan radikal bebas penyebab timbulnya penyakit.

3. Mengontrol pergerakan rahim

Buah kurma memiliki kandungan vitamin B1 dan gula yang sangat bermanfaat untuk ibu hamil dalam mengontrol laju pergerakan rahimnya.

Buah kurma juga bermanfaat untuk meningkatkan kontraksi jantung atau masa sistolenya pada saat memompa darah menuju ke pembuluh nadi.

4. Melancarkan produksi ASI

Kandungan kalsium dan zat besi yang dimiliki oleh buah kurma, sangatlah efektif dalam mengatasi masalah kekurangan ASI.

Bagi ibu hamil, sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi buah kurma setiap hari agar produksi ASI nantinya bisa lancar dan meningkatkan kwalitas ASI itu sendiri.

5. Mengecilkan rahim

Kandungan hormone potuchsin di dalam buah kurma sangat bermanfaat untuk mengecilkan pembuluh darah pada rahim setelah sang ibu melahirkan.

Maka dari itu mengkonsumsi buah kurma bisa mengembalikan kondisi fisik ibu hamil secara cepat.

6. Melancarkan saluran pencernaan

Buah kurma kaya akan serat alami dimana sangat penting untuk melancarkan buang air besar dan juga mencegah gangguan pencernaan seperti diare, susah buang air besar sembelit dan gangguan pencernaan yang lainnya.

7. Mencegah anemia

Buah kurma juga bermanfaat untuk mencegah anemia atau kurangnya sel darah merah. Di dalam buah kurma terkandung vitamin B kompleks dan zat besi yang mampu membantu tubuh untuk membentuk sel darah merah.

Nah itu tadi beberapa manfaat buah kurma ibu hamil yang bisa didapat. Semoga bermanfaat.