manfaat buah kurma muda untuk ibu hamil

Manfaat Buah Kurma Muda Untuk Ibu Hamil

Manfaat buah kurma muda untuk ibu hamil – Sejak wanita mengalami tanda-tanda kehamilan dalam rahimnya, seorang wanita sangat perlu memulai memberikan gizi terbaik untuk perkembangan janin dan menjaga keselamatan dirinya sebelum dan sesudah melahirkan.

Cara herbal dan paling aman selain dengan melakukan senam yoga ibu hamil, ibu hamil baik mengonsumsi buah kurma. Karena di dalam setiap 100 gram kurma, terdapat energi sekitar 280 kkal, 2,45 gram protein, dan 8 gram serat yang baik untuk menjaga kesehatan janin dan ibu hamil menjelang persalinan. Selain sebagai sumber kalium, di dalam kurma juga terdapat nutrisi penting seperti tembaga, magnesium, dan mangan.

Salah satu manfaat buah kurma muda untuk ibu hamil adalah membantu membentuk janin supaya tetap sehat sampai proses persalinan dan dapat membantu mengontrol gula darah, mengurangi mual, dan mencegah anemia atau kekurangan darah.

Kenapa ibu hamil tidak boleh kekurangan darah? Darah dibutuhkan janin sebagai sumber oksigen dan nutrisi. Oksigen tersebut melewati darah yang tersalur melalui plasenta. Maka, kekurangan darah pada ibu hamil ini harus dicegah.

Manfaat buah kurma muda untuk ibu hamil yang lain ditemukan dalam sebuah penelitian yang telah dilakukan oleh para ahli untuk mempelajari apa saja manfaat buah kurma untuk memperlancar proses persalinan. Penelitian ini hanya dilakukan pada 69 orang ibu hamil. Ibu hamil tersebut disuruh memakan enam buah kurma setiap harinya selama empat minggu saja sebelum jatuhnya tanggal estimasi kelahiran bayi yang telah diperkirakan oleh dokter.

Maka, temuan para ahli tersebut beberapa diantaranya ialah mempercepat proses pembukaan mulut rahim. Fase laten yang biasanya memerlukan waktu tunggu sampai 8 jam, dengan memakan kurma waktu itu menjadi berkurang.

Ada lagi dapat mengurangi pecahnya air ketuban, lebih memungkinkan persalinan secara normal—angka prosentase mencapai 90 % dan, mengurangi kebutuhan oksitosin atau obat perangsang pembuka mulut rahim.

Wah, ternyata manfaat buah kurma muda untuk ibu hamil banyak juga, Bunda. Banyak para ibu hamil yang mengaku telah mengonsumsi buah kurma atau sari kurmanya pada usia kehamilan. Ada juga yang mengaku karena pernah mengalami keguguran untuk memulihkan rahimnya baik jika mengonsumsi sari kurma.

Selang beberapa kemudian jika sudah hamil baik memakan kurma sebagai penguat janin. Meski kurma ini baik, tapi Bunda jangan terlalu sering mengonsumsinya karena rasa kurma yang sudah matang ini manis dan agak panas.

Manis-manis kalau yang memiliki riwayat diabetes, kan, juga bisa berbahaya. Kecuali jika yang Bunda makan, kurma muda atau ruthab yang rasanya pahit bercampur sepat. Mungkin Bunda bisa mencobanya.

Untuk lebih amannya, konsultasikan dulu dengan bidan atau dokter langganan Anda, ya, Bun. Sebab mengingat orang hamil pun berbeda-beda masing-masing orang. Selamat mencoba, ya.