Manfaat Buah Kurma Pada Bumil

Manfaat Buah Kurma Pada Bumil Untuk Proses Persalinan

Manfaat Buah Kurma Pada Bumil – Buah kurma telah sejak lama dikonsumsi masyarakat dan dipakai untuk bahan makanan yang dipercaya menjadi buah herbal.

Tak terkecuali untuk bumil, baik di masa hamil muda ataupun hamil tua. Buah kurma sering dianjurkan guna dikonsumsi bumil apalagi ketika usia kehamilan menginjak usia 9 bulan.

Selanjutnya apa saja Manfaat Buah Kurma Pada Bumil untuk proses persalinan? Simak ulasan berikut ini: ketika proses persalinan supaya sang ibu bisa melahirkan bayinya dengan cara normal. Buah kurma dapat dikonsumsi selama masa kehamilan, yang utama saat usia kehamilan menginjak trimester ketiga.

Sebab berdasarkan hasil riset membuktikan bahwa para bumil yang sering makan buah kurma ketika hamil ternyata akan mengalami begitu banyak manfaat dalam persalinan.

Berikut beberapa manfaat buah kurma pada bumil: Dalam buah kurma terdapat kandungan zat yang mirip dengan hormon oksitosin. Hormon oksitosin merupakan zat yang bisa bantu memicu timbulnya kontraksi.

Hal tersebut pastinya berguna supaya proses persalinan menjadi lebih gampang. Sebab biasanya bumil yang segera melahirkan diberikan suntikan injeksi yang berupa oksitosin sintetis. Jika bumil konsumsi buah kurma secara rutin ketika trisemester ketiga kehamilan, tentu suntikan tersebut tak lagi dibutuhkan oleh bumil, sebab buah kurma sudah menggantikan manfaatnya.

Selain itu buah kurma juga bisa bantu bukaan mulut rahim pada masa persalinan menjadi lebih cepat. Bukaan mulut rahim ketika persalinan umunya diperlukan waktu yang sangat lama, sampai 14 jam guna bukaan lengkap seluruhnya.

Proses bukaan rahim selama masa persalinan tersebut terbagi ke dalam dua tahap, yakni tahap laten serta tahap aktif. Pada tahap laten, umumnya diperlukan waktu kurang lebih 8 jam supaya bukaan dapat mencapai ukuran sebesar 1-3 cm.

Sedangkan ketika tahap aktif, setidaknya diperlukan waktu 6 jam supaya seluruh mulut rahim dapat terbuka, yakni mencapai ukuran hingga 10 cm. Namun, bumil yang rajin konsumsi buah kurma dapat alami tahap laten yang dapat berlangsung lebih cepat dari umumnya.

Buah kurma tersebut dapat kurangi resiko pecah ketuban sebelum waktunya bumil persalinan, sebab bila pecah belum waktunya dapat membahayakan janin tersebut.

Maka dari itu, bumil dianjurkan konsumsi buah kurma secara rutin ketika usia kehamilan sudah tua mendekati persalinan supaya semua risiko persalinan dapat diminimalisir.

Selain buah kurma bermanfaat di dalam membantu proses persalinan bagi bumil, ternyata manfaat buah kurma tersebut juga sangat bermanfaat bagi janin di dalam kandungan, yakni sebagai pelengkap nutrisi penting janin sebelum lahir.

Demikian ulasan tentang Manfaat Buah Kurma Pada Bumil untuk proses persalinan yang bisa Anda ketahui. Semoga bermanfaat.