manfaat buah kurma segar

Manfaat Buah Kurma Segar

Manfaat Buah Kurma Segar – Buah kurma dikenal memiliki banyak khasiat dan manfaat. Namun, ternyata manfaatnya bukan hanya terbatas untuk kesehatan tubuh saja, namun bermanfaat pula untuk kesehatan kulit dan kesuburan.

Kayanya kandungan vitamin dan mineral membuatnya bagus dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan tubuh dari luar maupun dalam. Terutamanya untuk buah kurma segar.

Meskipun buah ini bukan berasal dari dalam negeri, buah kurma sangatlah dikenal oleh masyarakat Indonesia. Terutamanya buah kurma kering.

Sebenarnya buah kurma memiliki beragam jenis dan nama. Ada 3 pengelompokan buah kurma, yaitu jenis kurma matang yang memiliki tekstur lembut, jenis kurma ukuran penuh, dan jenis kurma muda atau yang masih segar.

Pada kesempatan kali ini kita akan lebih membahas mengenai manfaat buah kurma segar.

Buah kurma muda atau kurma segar memiliki nama latin Phoenix Dactylifera. Kurma jenis ini biasanya juga dikenal dengan nama Kurma Ruthob.

Jenis kurma ini bisa dikatakan masih setengah matang dan merupakan kurma yang masih segar yang mana tidak dilakukan proses pengeringan. Di Indonesia, jenis kurma yang satu ini masih langka dan untuk mendapatkannya agak susah, sebab untuk mendapatkannya harus diimpor langsung dari Arab Saudi.

Selain itu, jenis kurma segar ini tidak mampu bertahan lama dan hanya mampu bertahan beberapa hari setelah dipetik apabila tidak disimpan di dalam kulkas.

Kurma segar mudah menjadi lembek bila disimpan di tempat terbuka. Hal ini berbeda dengan jenis kurma yang lainnya yang kita kenal. Penampilan dari buah kurma ini mirip seperti buah sawit, tapi teksturnya berbeda yang mana agak keras dan dalamnya berwarna putih seperti kelapa.

Untuk rasa, rasaya agak sepet. Buah kurma muda ini memiliki 3 varian warna, yaitu merah, kuning, dan hijau. Meskipun masih muda, banyak sekali yang bisa didapatkan dari manfaat buah kurma segar ini.

Buah kurma segar kaya akan kandungan serat, gula, kalsium, zat besi, klorida, vitamin A, C, K, serta hormon biostin, protein, minyak, zat besi, asam nicotenic, mineral tembaga, belerang, klorida, neurohipofisa, dan oksitosin. Manfaat yang bisa didapatkan dari mengkonsumsinya, yaitu sebagai berikut:

Memberikan tenaga bagi tubuh dalam menjalankan kegiatan sehari-hari.

Bermanfaat untuk meningkatkan kesuburan bagi pasangan suami-istri yang belum dikaruniai keturunan.

Membantu meningkatkan kontraksi otot selama menjelang proses persalinan bagi ibu hamil.

Membantu melancarkan produksi ASI bagi ibu menyusui.

Cara mengkonsumsinya bisa dimakan secara langsung ataupun dimakan dengan ditambahkan madu, bisa pula dengan minuman kesehatan lainnya.

Demikianlah informasi yang dapat disampaikan mengenai manfaat buah kurma segar. Semoga bisa bermanfaat, terutama bagi pasangan suami-istri yang sedang menjalankan program kehamilan supaya cepat mendapatkan keturunan.