manfaat buah kurma untuk diabetes supaya sembuh

Manfaat Buah Kurma Untuk Diabetes

Manfaat Buah Kurma Untuk Diabetes – Bukanlah tanpa alasan jika kurma merupakan salah satu kudapan yang paling populer saat berbuka puasa. Hal ini karena kurma kaya akan nutrisi dan baik untuk ditambahkan dalam asupan makan kita sehari-hari.

Kurma mengandung thiamine, vitamin A, folat, vitamin B kompleks, vitamin C, E, K dan sejumlah mineral seperti zat besi, kalsium, mangan, magnesium, kalium, fosfor, seng dan sodium. Kurma mengandung serat yang tinggi dan bebas kolesterol dan lemak.

Banyak sekali orang yang menghindari dan tak mau makan buah kurma karena beranggapan bahwa buah kurma mengandung gula yang tinggi sehingga membuat kadar gula darah mereka melonjak. Namun berdasarkan hasil penelitian, anggapan tersebut tidaklah benar.

Pada Jurnal Nutrisi yang diterbitkan pada tahun 2011 menerangkan bahwa para penderita diabetes diminta untuk mengkonsumsi sejumlah buah kurma. Dan hasilnya meskipun buah kurma mengandung sejumlah besar gula yang alami, namun buah ini memiliki nilai indeks glikemik yang rendah.

Maka dari itu, buah kurma tak akan menaikkan kadar gula darah setelah dikonsumsi secara signifikan langsung. Bahkan jika dikonsumsi dengan tepat, akan ada Manfaat Buah Kurma Untuk Diabetes dan berikut ini ulasannya:

1. Kurma mengandung Fruktosa dan Glukosa
Penderita diabetes umumnya berusaha untuk menghilangkan karbohidrat dari diet mereka untuk menurunkan kadar gula darah. Daripada menghilangkan karbohidrat, para penderita diabetes bisa menggantinya dengan karbohidrat sehat seperti jika mereka mengkonsumsi 100 gram kurma maka artinya mereka sudah mengkonsumsi karbohidrat 75 gram.

Glukosa, sukrosa dan fruktosa. Ketiga zat tersebut berperan untuk menyediakan energi instan. Dalam berbagai penelitian mengungkapkan bahwa pasien diabetes bisa mengkonsumsi kurma ketika mereka merasa lesu setelah bekerja dan juga ingin memiliki tubuh bertenaga.

Mereka bisa menyantap satu atau dua buah kurma untuk dapat memperoleh Manfaat Buah Kurma Untuk Diabetes dalam mengembalikan energi mereka.

2. Memiliki Indeks Glikemik sehat dan rendah
Pada umumnya penderita diabetes sangat berhati-hati dengan indeks glikemik makanan yang dikonsumsi. Karena makanan indeks glikemik yang tinggi merupakan penyebab yang utama dalam meningkatkan tingkat gula dalam darah.

Para ahli membuktikan bahwa indeks glikemik pada kurma merupakan indeks glikemik sehat. Indeks Glikemik kurma segar cukup bervariasi, hal ini tergantung pada jenis kurma yang dikonsumsi. Tingkat variasi kurma maksimum 49,7 dan minimal 35,5.

3. Kurma mengandung serat makanan
Makanan yang berserat bermanfaat dalam melancarkan percernaan. 8 gram serat hadir dalam 100 gram kurma.

Penelitian menunjukkan bahwa serat larut yang ada di dalam kurma adalah Beta-D-glucan. Serat larut ini mampu mengurangi penyerapan kolesterol oleh sel-sel tubuh.

Glukosa diserap oleh usus halus sehingga bisa disimpulkan bahwa tingkat gula darah tak meningkat jika penderita diabetes mengkonsumsi kurma yang segar dalam batas yang ditentukan.

4. Bebas lemak dan bergizi
Mengendalikan berat badan pada orang yang menderita diabetes juga sama pentingnya. Mereka perlu untuk menghilangkan banyak makanan ringan yang umumnya mereka konsumsi.

Buah kurma yang bebas akan kolesterol dan lemak ini bisa dikonsumsi untuk mengendalikan rasa lapar. Banyak mineral dalam kurma yang berguna untuk melindungi tubuh dari penyakit.

Mineral ini yaitu zinc, besi, kalsium, kalium, magnesium, fosfor dan tembaga. Mineral ini diperlukan dalam jumlah kecil, namun jika tubuh kekurangan nutrisi maka kondisi kesehatannya mungkin bisa memburuk.

Kandungan zinc juga sangat penting untuk meningkatkan produksi insulin. Sedangkan, kadar gula di dalam tubuh diatur oleh magnesium.

Nah itu tadi beberapa Manfaat Buah Kurma Untuk Diabetes. Jangan lupa untuk mengonsumsi kurma sesuai anjuran agar bisa mendapatkan manfaat yang maksimal.