manfaat buah kurma untuk janin

Manfaat Buah Kurma Untuk Janin

Manfaat buah kurma untuk janin – Ibu hamil dan janin membutuhkan nutrisi yang cukup pada masa–masa kehamilan. Nutrisi tersebut bisa didapatkan dengan mengonsumsi buah–buahan yang bernutrisi tinggi.

Hal ini karena janin yang ada pada kandungan benar–benar membutuhkan asupan yang bisa diperolehnya dari ibu. Memang semua buah–buahan baik untuk kesehatan, namun tidak semua buah–buahan tersebut baik dikonsumsi oleh ibu hamil.

Ada beberapa buah yang harus dihindari oleh ibu hamil seperti durian dan nanas karena jika memakannya akan menyebabkan masalah dalam kehamilannya.

Buah yang diperbolehkan dikonsumsi oleh ibu hamil adalah buah yang mengandung asam folat tinggi seperti alpukat dan kurma. Alpukat memang sudah diketahui oleh masyarakat mengandung asam folat tinggi dan hendaknya dikonsumsi oleh ibu hamil.

Namun, kurma adalah buah kaya manfaat yang kurang begitu diperhatikan oleh ibu hamil. Padahal Manfaat buah kurma untuk janin sangat banyak.

Buah yang berasal dari tanah timur tengah ini telah dapat kita jumpai dengan mudah di tanah air. Banyak pusat–pusat perbelanjaan yang menjual kurma dengan bebas.

Buah kurma mengandung kalium. Kalium ini berfungsi untuk merangsang syaraf pada janin. Mengkonsumsi buah kurma pada saat hamil akan memberikan dampak positif pada anak setelah dilahirkan.

Anak memiliki kemungkinan yang lebih tinggi sebagai anak yang cerdas dan cepat tanggap dalam kehidupan bersosialisasi.

Kelebihan yang dimiliki ibu hamil yang mengonsumsi buah kurma adalah bisa mengalirkan oksigen kepada janin. Kurma juga memiliki kandungan gula yang lebih baik daripada sukrosa sehingga mengonsumsi buah kurma akan menjaga anak yang telah dilahirkan mengalami anemia.

Secara umum anemia disebabkan karena kurangnya zat gula dalam darah dan dapat diatasi dengan mengonsumsi kurma.

Manfaat buah kurma untuk janin berikutnya adalah sebagai perangsang pertumbuhan tulang. Kalsium yang terdapat di dalam kurma sangat cocok untuk ibu hamil dan bermanfaat bagi janin.

Pada anak yang baru lahir bisa juga diberikan buah kurma yang telah dilumatkan. Proses pelumatannya pun beragam, bisa dikunyahkan oleh ibu menyusui atau bisa juga diremas–remas menggunakan tangan.

Mengonsumsi buah kurma bagi ibu menyusui juga bisa mengecilkan perut. Kandungan dalam buah kurma menambah sifat elastisitas perut yang membesar akibat kehamilan.

Kurma memiliki kemampuan untuk membentuk hormon potuchin. Hormon ini adalah hormon yang bisa meningkatkan elastisitas rahim sehingga lebih cepat mengembalikan bentuk perut ke dalam ukuran normal.

Hormon inilah yang juga berfungsi untuk melancarkan proses persalinan dengan mempercepat proses pembukaan dinding rahim pada saat melahirkan. Sehingga mengonsumsi buah kurma bisa dilakukan oleh ibu hamil hingga menyusui.

Itulah Manfaat buah kurma untuk janin yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.