manfaat buah kurma untuk ibu hamil agar kehamilannya lancar dan sehat

Manfaat Kurma untuk Ibu Hamil

Manfaat Kurma untuk Ibu Hamil – Kurma merupakan salah satu jenis buah yang bisa banyak kita jumpai di Indonesia, meskipun buah ini tidak berasal asli dari negara kita. Kurma merupakan buah yang berasal dari Saudi Arabia dan sudah dibudidayakan sejak ribuan tahun lalu. Di Arab sudah ditemukan bukti jika kurma sudah dibudidayakan sejak 6000 tahun Sebelum Masehi.

Kurma sendiri memiliki banyak jenis. Masyarakat Arab sering menjadikan buah kurma sebagai salah satu jenis makanan pokok mereka.

Sedangkan di negara kita kurma sering disuguhkan sebagai makanan pelengkap di bulan Ramadhan. Selain itu kurma juga sering diolah menjadi olahan makanan lainnya, seperti kue, dodol, dan minuman sari kurma.

Kurma banyak disukai oleh masyarakat bukan hanya karena memiliki rasa yang manis dan lezat, namun karena kandungan gizi yang ada di dalamnya. Tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan orang biasa, ternyata kurma juga bermanfaat untuk ibu hamil.

Siapa sangka Manfaat Kurma untuk Ibu Hamil ternyata banyak sekali. Buah yang akrab dengan bulan Ramadhan ini ternyata memiliki banyak sekali kandungan yang dapat mencegah dan juga mengatasi berbagai keluhan saat hamil.

Bahkan beberapa khasiat didalam buah ini sangat penting dan tidak bisa digantikan dengan buah-buahan lainnya. Berikut ini beberapa manfaat buah kurma untuk ibu hamil.

1. Mengatasi Anemia

Di trimester awal kehamilan biasanya ibu hami sering mengalami masalah anemia atau kurang darah. Hal ini mungkin terjadi karena sebagian darah ibu hamil digunakan untuk proses perkembangan dan pertumbuhan janinnya.

Kondisi kurang darah yang terjadi pada ibu hamil sebaiknya segera diatasi, sebab kurang darah bisa membuat aliran nutrisi menjadi terhambat bisa mengganggu pertumbuhan janin.

Untuk mencegah berbagai risiko yang mungkin terjadi akibat anemia selama masa kehamilan, sebaiknya ibu hamil konsumsi banyak makanan yang memiliki kandungan zat besi, salah satunya adalah buah kurma.

Dengan mengkonsumsi buah kurma maka masalah anemia bisa teratasi dan tentunya cara ini lebih aman karena lebih alami.

2. Sebagai Sumber Kalsium

Asupan kalsium harus selalu tercukupi selama masa kehamilan bila tak ingin di usia tuanya mengalami masalah osteoporosis. Selain mengkonsumsi susu kehamilan, ada baiknya jika ibu hamil mengkonsumsi buah kurma, karena buah ini memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi.

Kurma adalah camilan sehat untuk para ibu hamil yang bisa membantu pertumbuhan gigi dan tulang janin sejak berada di dalam kandungan.

3. Mengatasi Masalah Morning Sickness

Kelesuan yang terjadi di pagi hari atau yang juga disebut Morning sickness memang sering dialami ibu hamil, terutama di trimester awal kehamilan.

Untuk mengatasi hal tersebut kita harus mencukupi kebutuhan energi. Dan hal ini bisa dilakukan dengan mengkonsumsi buah kurma. Buah ini memiliki kandungan gula yang mudah dicerna oleh tubuh dan bisa mengatasi masalah morning sickness.

4. Mengatasi Masalah BAB

Memang sebagian ibu hamil banyak mengeluhkan masalah BAB. Sekali lagi, buah kurma ternyata bisa mengatasi masalah tersebut.
Kurma merupakan buah yang kaya akan serat. Buah kurma bisa membantu Anda mengatasi permasalahan sulit buang air besar atau konstipasi selama masa kehamilan.

Perlu anda ketahui, konstipasi merupakan masalah serius yang perlu ditangani dengan segera bila Anda tidak ingin janin di dalam kandungan mengalami kontraksi dikarenakan mengejan. Oleh karena itu, konsumsilah kurma jika Anda tidak ingin hal ini terjadi.

Dari uraian diatas, kita bisa menyimpulkan buah kurma adalah buah yang memiliki manfaat yang sangat besar untuk ibu hamil. Jadi sangat disarankan untuk Anda yang saat ini sedang mengandung sering-seringlah mengkonsumsi buah kurma. Demikianlah ulasan tentang Manfaat Kurma untuk Ibu Hamil.