manfaat buah kurma untuk bayi sehat

Manfaat Kurma Untuk Kesehatan dan Pertumbuhan Bayi

Manfaat buah kurma untuk bayi – Buah kurma dikenal sebagai buah milik orang Arab. Kurma adalah tumbuhan yang mirip pohon palem. Kurma sudah banyak dikenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Salah satu manfaatnya kurma adalah untuk konsumsi bayi-bayi yang masih dalam masa pertumbuhan. Manfaat buah kurma untuk bayi sangat banyak untuk kesehatan.

Kurma memiliki khasiat untuk menjaga kesehatan bayi yang sedang dalam masa pertumbuhan. Namun, banyak orang yang masih belum mengetahui manfaat buah kurma untuk kesehatan bayi. Diantara manfaatnya akan kami bahas di bawah ini.

Manfaat buah kurma untuk bayi ternyata dapat digunakan sebagai pencegahan beberapa penyakit. Selain itu, di masa pertumbuhan bayi, bunda akan terbantu dengan memberikan kurma pada bayi. Kurma akan sangat bermanfaat untuk bayi seperti berikut ini.

1. Bermanfaat meningkatkan nafsu makan pada bayi

Setelah bayi bunda melewati masa ASI eksklusif 6 bulan. Oleh karena itu, sejak saat ini bayi dapat dikenalkan untuk memakan sesuatu, termasuk kurma sebagai makanan pendamping ASI. Caranya adalah dengan membuatkan bubur kurma, perlahan bayi akan meningkat nafsu makannya.

2. Kesehatan mata bayi

Manfaat buah kurma untuk bayi bagi kesehatan mata, kurma banyak mengandung vitamin A. Dengan mengkonsumsi kurma bayi tidak akan mengalami gangguan mata. Tahap awal pada perkembangan bayi yang mengkonsumsi kurma dapat membantu pengembangan organ penglihatan.

3. Kurma berguna untuk kecerdasan otak bayi

Di masa pertumbuhan bayi kurma mampu meningkatkan perkembangan otak bayi. Kurma dapat melatih perkembangan kognitif hingga bayi tumbuh semakin besar. Dengan mengkonsumsi buah kurma bayi dapat menangkap respon stimulasi saat bermain dengan orang-orang di sekitar, sehingga bayi menjadi lebih aktif.

4. Kurma bisa mencegah anemia dan demam berdarah

Kurma bisa mencegah demam berdarah dan anemia dengan konsumsi rutin pada bayi. Hal ini karena banyaknya nutrisi yang ada di dalam kurma. Sehingga sangat baik diterapkan sebagai pencegahan anemia dan DBD.

5. Kurma dapat menjaga sistem pencernaan bayi

Manfaat buah kurma untuk bayi membunuh parasit yang disebabkan oleh infeksi usus dan gangguan pencernaan pada bayi. Dengan mengkonsumsi buah kurma secara rutin pada bayi akan membantu meningkatkan bakteri baik yang membantu proses pencernaan di dalam usus.

6. Mempunyai kandungan glukosa

Kandungan glukosa pada kurma sangat banyak, sehingga bermanfaat untuk mencegah terjadinya kekurangan kadar gula pada bayi atau hipoglikemia. Bayi sangat rawan dengan penyakit hipoglikemia seperti demam tinggi, kejang, dan gangguan nafas.

7. Menjaga fungsi saraf bayi

Manfaat buah kurma untuk bayi yang sering mengkonsumsi kurma dapat meningkatkan berfikir dan mengendalikan gerakan tubuh yang tentunya hal ini berkaitan dengan saraf. Dengan menjaga saraf bayi, maka perkembangan motoriknya akan semakin berkembang.

8. Menjaga kesehatan jantung bayi

Di dalam buah kurma banyak mengandung kalium sehingga sangat bermanfaat untuk menjalankan fungsi memompa jantung. Fungsi kalium menjaga jantung agar dapat bekerja secara normal tanpa mengalami gangguan. Kurma bagi bayi dapat mengantar oksigen dan nutrisi yang diperlukan pada waktu sel-sel tubuh mulai berkembang.

9. Menjaga tulang bayi tetap sehat

Tulang bayi masih sangat muda, sehingga dengan mengkonsumsi kurma, dapat memenuhi kebutuhan kalsium. Dengan rutin mengkonsumsi kurma, maka komposisi tulang bayi akan tumbuh semakin kuat.

10. Pertumbuhan gigi

Manfaat buah kurma untuk bayi selain baik untuk menjaga tulang, baik juga untuk pertumbuhan gigi sebagai asupan kalsium. Dengan asupan kalsium dari kurma inilah bayi akan mendapatkan suplai kalsium yang tinggi supaya gigi bayi cepat tumbuh bila telah saatnya.