manfaat rendaman buah kurma dan kismis

Manfaat Rendaman Buah Kurma Dan Cara Membuatnya

Manfaat Rendaman Buah Kurma – Kita seringkali mendengar khasiat dan manfaat fruit infused water bagi kesehatan tubuh. Fruit infused water sendiri adalah irisan buah yang direndam ke dalam air putih dan beberapa saat kemudian diminum. Tahukah Anda bahwa ada air rendaman kurma yang memiliki manfaat bagi kesehatan.

Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam diriwayatkan dalam hadist seringkali minum air rendaman kurma/kismis atau yang biasa disebut dengan air naabez ini. Nabi Muhammad Shallallahu’alaihi Wasallam merendam kurma atau kismis beberapa butir di dalam air yang sudah matang dan dalam wadah bertutup selama 12 jam. Setelah itu, air rendaman tersebut diminum dan buah kurma yang sudah lembut dimakan.

Meminum rendaman kurma berikut buahnya dipercaya memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan, berikut ini beberapa Manfaat Rendaman Buah Kurma:

1. Pemberi dan pemulih tenaga
Kurma dipercaya dapat memulihkan tenaga dan energi sehingga kita disunnahkan untuk mengonsumsi kurma terlebih dahulu saat berbuka puasa.

2. Memiliki kandungan serat yang tinggi
Minum rendaman kurma dipercaya menghilangkan kolesterol jahat yang terkumpul di dalam tubuh. Serat yang tinggi pada kurma juga sangat baik untuk menghilangkan sembelit.

3. Mencegah masalah jantung
Anda bisa mencegah berbagai masalah jantung hanya dengan minum rendaman buah kurma. Air rendaman buah kurma berkhasiat menjaga kesehatan jantung. Minumlah air ini dua kali seminggu secara rutin. Selain itu, kurma juga berguna untuk mengurangi LDL atau tingkat kolesterol jahat dalam tubuh.

4. Baik untuk pencernaan dan sistem saraf
Tingginya jumlah serat dan juga asam amino yang terkandung di dalam kurma sangat berguna untuk memperbaiki sistem pencernaan. Kurma juga memiliki kandungan kalium yang sangat baik untuk sistem saraf.

5. Menyembuhkan gangguan usus
Minum air rendaman buah kurma secara rutin bisa membantu Anda menyingkirkan berbagai masalah pencernaan terutama di usus. Pertumbuhan organisme patologis di usus bisa terkendali dengan memenuhi asupan kurma yang cukup. Kurma juga mendorong pertumbuhan bakteri yang baik di dalam sistem percernaan tubuh.

6. Mengobati kanker perut
Selain dianggap sebagai suplemen bergizi yang alami, rendaman buah kurma juga terbukti secara ilmiah mengobati kanker perut.

7. Mengobati diare
Kurma kaya akan kalium sehingga baik jika digunakan untuk mengobati diare. Selain itu, kurma juga mudah untuk dicerna sehingga sangat baik dikonsumsi bagi mereka yang menderita diare.

Masih banyak manfaat air rendaman kurma lainnya yang bisa Anda dapatkan. Untuk pembuatan Air Nabeez atau rendaman sendiri sangatlah mudah. Berikut ini langkah-langkahnya:

1. Rendamlah kurma beberapa butir (sebaiknya dalam bilangan ganjil) ke dalam segelas air yang sudah masak. Air nabeez disarankan dibuat pada sore menjelang malam dan gelas rendaman kurma tersebut haruslah tertutup rapat.

2. Setelah 8-12 jam setelah perendaman atau keesokkan paginya, air rendaman diminum dan buah kurma yang lembut hasil perendaman dimakan.

3. Kurma yang paling baik digunakan untuk membuat air nabeez yaitu jenis kurma ajwa. Namun jika kurma ajwa tak tersedia, Anda bisa menggunakan jenis kurma lainnya.

4. Disarankan untuk membuat rendaman kurma atau kismis saja, janganlah dicampur. Air nabeez jika tersimpan di dalam lemari es bisa bertahan 1 sampai 2 hari. Namun jangan pernah minum air rendaman kurma yang lebih dari 3 hari, hal ini karena akan terjadi proses fermentasi yang bisa membuat air rendaman kurma tersebut menjadi arak, yang hukumnya haram untuk diminum.

Nah itu tadi Manfaat Rendaman Buah Kurma dan cara membuatnya. Semoga bermanfaat!